Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Sudut pandang Saya tentang Peran Harry Tanoe di BUMI Plc bukan BUMI.JK (Sedikit penegasan)

179

Selamat pagi…

Terus terang, saya memang sedikit mixed up mengenai Harry Tanoe di BUMI, karena berita yang saya baca pertama kali menyebutkan bahwa dia mengambil alih saham BUMI (tanpa menyebutkan Plc) dari Recapital. Tapi, setelah itu saya sadar bahwa yang dibeli oleh Harry Tanoe adalah BUMI Plc (BUMI yang di London) yang membuatnya menjadi pemegang saham 1,xx persen, bukan 6000 lot saham BUMI.JK (BUMI di Jakarta).

Tapi.. Pengaruhnya sama saja.

Masalah terbesar bagi BUMI.JK saat ini adalah hutang yang sangat besar, dan GCG yang buruk (yang disebut Rothschild sebagai financial irregularities).

Jika Harry Tanoe concern terhadap hal ini, dan berusaha memberikan masukan kepada manajemen BUMI Plc, agar menekan manajemen BUMI.jk untuk memperbaiki kinerjanya, harga saham BUMI.JK bisa kinclong. Harry Tanoe bakal bisa untung. Kalau dia hanya duduk manis saja menunggu BUMI.JK membeli dirinya sendiri dari BUMI Plc, dia tetap bisa untung karena spekulasi investasi BUMI Plc pasca melepas BUMI.JK bisa saja membuat harga BUMI Plc naik.

Harry Tanoe rugi kalau Rothschild dkk membuang saham BUMI Plc di pasar London pasca kalah dalam voting pergantian direksi? Hm.. Saya gak tahu jawaban dari alternatif itu. Saya juga tidak yakin Rothschild bakal menyerah setelah kalah dalam voting semalam. Tapi saya pikir, Harry Tanoe pasti sudah melakukan kalkulasi yang matang dalam masalah ini.

It is purely business… Dan sejauh ini, Harry Tanoe hanya fight to win. Saya tidak (atau setidaknya ‘belum’) merasa bahwa Harry Tanoe adalah pihak yang kalah.

Happy trading… Semoga barokah!!!
Satrio Utomo

Leave A Reply

Your email address will not be published.