Skyfall(?)*

49


(if…) This is the end
Hold your breath and count to ten
Feel the earth move and then
Hear my heart burst again

For this is the end
I’ve drowned and dreamt this moment
So overdue I owe them
Swept away, I’m stolen

Let the sky fall
When it crumbles
We will stand tall
Face it all together

Selamat pagi…

Tadi malam… saya lihat re-run dari penganugerahan Oscar.  Melihat ada wanita ‘berisi’ dan sangat cantik… nyanyi lagu ini.  Adele dengan lagu Skyfall dari film James Bond terbaru.  Ketika itu, Dow Jones Industrial masih cenderung bergerak mixed.  Eh… pas bangun… skyfall deh… hehehe.  At least.. skyfall buat indeks Dow Jones Industrial.

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam terkoreksi 216.40 poin (-1,55 persen) setelah hasil ‘gak jelas’ dari pemilu Italia .  Hasil gak jelas ini, sepertinya mengharuskan pemilu ulang, dan itu memunculkan keraguan pasar akan kemampuan Italia untuk membayar hutang.  Sentimen ini, masih didorong dengan ‘sequester‘ yang semakin mendekat.  Indeks Dow Jones Industrial yang pada awal perdagangan sempat mencetak rekor baru di bulan ini, akhirnya ditutup dalam posisi menembus setidaknya dua buah suport.  Sebuah signal yang jelek.

Apakah signal negatif ini bakal memicu signal bearish juga bagi IHSG?

Kita pake bait pertama dari Skyfall aja deh:

(if…) This is the end
Hold your breath and count to ten
Feel the earth move and then
Hear my heart burst again

Saya tambahkan kata ‘if’ didepannya.. karena sebuah trend naik hanya akan berakhir jika terdapat penembusan suport.  Melihat posisi penutupan kemarin, IHSG memang ditutup agak ‘ketinggian’ akibat tarikan pada saham BBCA pada penutupan perdagangan.  Suport IHSG hari ini ada di kisaran 4665 – 4675.  Penutupan dibawah 4665 akan menjadi sebuah signal bearish bagi IHSG.

Pertanyaan berikutnya adalah: apakah koreksi ini akan mengakhiri trend naik pada IHSG?  Trend naik IHSG di drive oleh aliran dana asing yang terus masuk ke bursa.  Pada minggu kemarin, terdapat setidaknya dua kali kesempatan dimana aliran dana asing tersebut sempat ‘berkurang’ akibat kondisi regional yang tidak kondusif.  Tapi, karena setelah itu mereka masih terus merangsek masuk, IHSG kembali bergerak naik.

Trend naik IHSG hanya bisa berakhir jika aliran dana asing berhenti, atau malah berbalik menjadi net sell

Kalau melihat posisi teknikalnya: penutupan dibawah suport 4665 – 4675 akan mengakhiri trend naik jangka pendek.  Tapi, untuk mengakhiri trend naik jangka menengah, IHSG harus ditutup dibawah 4581.  Apakah trend naik IHSG bakal segera berakhir?

So…. kemarin sore saya positioning.  Kalau melihat DJI sempat mencetak rekor baru di tahun 2013 ini… yah… setidaknya… (ups.. kok maunya ngeles.. hehehe).  Hari ini, saya harus menghadapi konsekuensinya:

Let the sky fall
When it crumbles
We will stand tall
Face it all together

Kalau stoploss kena, berarti saya harus menghadapinya… harus exit.

Next question: Should we spare an idea that this is a flat market?

Kondisi fundamental dari market sebenarnya gak jelek-jelek amat.  Kinerja BMRI yang diumumkan kemarin, diatas ekspektasi sekitar 5% untuk net incomenya.  SMCB juga mencetak net income yang ‘beat expectation’.

Jadi… saya kira boleh juga kita meluangkan ide bahwa ini adalah sebuah flat market, konsolidasi tapi di harga atas.  Akan tetapi saya hanya mau positioning kalau net sell asing tidak terlalu besar (kurang dari Rp 200 miliar), dan IHSG masih bisa ditutup diatas 4590.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.