Koreksinya cuman segitu?*

44

Selamat pagi…

Kalau anda masih ingat tulisan saya pada tanggal 11 Januari lalu, indeks Dow Jones Industrial memang masih memiliki ‘hutang’ berupa target dari inverted H&S di 14200 – 14300.  Jadi… kalau ini indeks Dow Jones Industrial (DJI) masih bullish terus, saya juga tidak heran.

130111 INverted H&S

Akan tetapi, sebuah rekor biasanya sulit untuk ditembus, maka saya juga ‘mensisakan ruang’ apabila ternyata indeks Dow Jones Industrial ‘balik badan’ sebelum targetnya kena.  Apakah target tersebut bakal dikejar?  Hm… kita lhat deh.

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam bergerak naik 115,96 poin (0,84%) sebelum ditutup pada level 13.900.13.  Pernyataan Bernake yang masih akan terus melaksanakan QE ditambah dengan data ekonomi yang positif, telah mendorong kenaikan tersebut.  Penutupan pada level 13900 tersebut, berarti indeks Dow Jones ditutup tipis diatas resisten pertama 13892.

Kalau dilihat dari posisi indeks Dow Jones Industrial hari Selasa, resisten indeks ini ada di 13892.  Indeks Dow Jones Industrial (DJI) berarti semalam berhasil ditutup diatas resisten pertama.  Sebuah signal positif.

Apakah itu berarti kita juga bakal balik badan? Bullish lagi? Kalau melihat aliran dana asing yang kemarin masih terus masuk… Asingnya memang masih belum kepingin berhenti bullish.  Signal yang jelek yang ada, hanya aksi profit taking yang dilakukan sebagian orang pada saham BMRI dan BBRI, pasca laporan keuangan yang bagus.  Sama beberapa bandar saham gorengan yang berusaha untuk exit.  Selain itu belum ada yang lain lagi.

IHSG kemarin ditutup tipis dibawah suport.  Untuk bisa bullish lagi, IHSG setidaknya harus ditutup diatas resisten pertama di 4685.  Untuk indeks Hang Seng, resisten itu ada di 22768.  Jika resisten tersebut mampu ditembus, berarti IHSG telah membatalkan trend turun yang baru saja berlangsung.

So… Dengan posisi yang kosong, hari ini saya hanya menunggu penembusan resisten.  Posisi-posisi spekulatif memang menarik untuk dilakukan.  Tapi, posisi ‘simpan’, sepertinya baru bisa dilakukan jika terdapat penembusan resisten.  Saya tetap tertarik pada saham bank, midcap bank, konstruksi, properti, semen, retail.  Saham-saham batubara dan komoditas yang lain hanya menarik jika sudah menunjukkan tanda-tanda reversal.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.