Menggilas 4750…*

79

Sering kali (termasuk hari ini), saya iri kepada anda yang bisa meluangkan waktu anda 100% untuk trading.  Kemarin saya gak bisa lihat market sampai jam 14.  Kondisi harga yang sudah terlalu jauh dari suport, membuat saya males untuk mengambil posisi.  Ya sudah… market bullish seperti ini, saya masih dalam posisi full cash.  Saya selalu sadar bahwa aturan utama ketika ‘memaksakan masuk’ atau ‘memaksakan beli’ adalah: yang penting tahu stoplossnya dimana.. yang penting tahu resikonya seperti apa.

Kalau melihat posisi penutupan kemarin, hampir semua saham masih menunjukkan signal positif.  Even saham-saham batubara seperti UNTR dan PTBA, kemarin ditutup dengan signal positif.  Saham-saham telekomunikasi (TLKM, EXCL, ISAT) juga ditutup dengan signal positif.  Saham-saham tersebut mendampingi saham-saham perbankan big caps dan property yang sudah sejak kemarin, memberikan signal positif.  Pergerakan IHSG sepertinya masih kuat.

Seperti saya bilang pada hari Senin kemarin: Diatas 4675, tidak ada resisten sampai 4800-4850.  Level 4750 memang resisten psikologis, tapi bukanlah sebuah resisten yang kuat.  Kalau dilihat dari kenaikan indeks Dow Jones Industrial dan potensi yang ada pada saham-saham perbankan big caps, property, batubara, dan telekomunikasi… market sepertinya bakal melibas resisten tersebut dengan mudah.

IHSG hari ini bakal naik dengan kisaran 4695 – 4850.  Aliran dana asing tetap menjadi aktor utama pergerakan IHSG.  Aktor pendampingnya? Ya pemodal lokal yang terus berburu saham-saham property.

Satu hal yang membuat saya masih merasa harus berhati-hati: Posisi penutupan indeks DJI semalam hanya tipis dibawah resisten dari broadening.  Kalau tiba-tiba DJI nanti malam ‘kejang-kejang’ lagi… ya saya tidak terlalu heran.  Lihat saja gambar dibawah… tipis banget closenya dibawah resisten.

130228 DJIA

Hari ini… saya mungkin akan memaksakan punya posisi meski hanya sedikit.  Yang penting saya tahu stoplossnya dimana.  Spekulasi di kelompok Astra terlihat menarik, karena setelah AUTO keluar laporan keuangannya kemarin, biasanya teman-temannya yang lain bakal keluar berturut-turut.  Properti? Masih terlihat merata.  Tapi tolong… kalau mau masuk, perhatikan potensi kenaikan dan posisi stoplossnya.. OK?

Moga-moga DJI tar malem gak mengkhianati kita…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.