Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Dead Cat Bounce? Masa mau bullish lagi?*

147

Selamat pagi…

Bagus juga saya tidak cut loss kemarin sore.  Dow Jones Industrial semalam masih naik, meski hanya tipis.

Tapi… ternyata… posisinya sama aja untuk saham BBRI.  Saya kemarin dari pagi banyak banget urusan.  Eh.. Stoploss kena, saya gak sempat cut loss.  Tahu-tahu harga BBRI sudah 8950 di offer.  Maunya dilepas hari ini ketika resisten testing, tapi ternyata resisten di 8950 sama sekali tidak tersentuh.  Berarti saya terpaksa menggunakan plan B.  Average down ketika harga di suport.  Problemnya: suportnya dimana? 8450? atau 8100? Hehehe…  Posisi saya hanya kecil ini.  Masih banyak dana untuk average down.

IHSG kemarin sudah ditutup dengan signal bearish.  Hari ini pertahanan ada di suport gap 4721 – 4734.  Kalau suport itu sudah ditembus, berarti IHSG sudah resmi memasuki trend turun dengan arah 4525 – 4650.  Asing pagi ini sudah dalam posisi net sell.

Trend naik jangka pendek IHSG sudah berakhir.  Kita tinggal melihat: ini trend mau berubah jadi trend turun jangka pendek, trend flat, atau trend turun turun jangka menengah?

Seperti yang sudah sering terjadi, trend naik kali ini berakhir ketika emiten sedang mengeluarkan laporan keuangan kinerja FY2012.  Kinerja mungkin saja bisa bagus.  Tapi… tolong anda perhatikan: anda beli saham itu, untuk trading atau investasi?  Soale… kalau trend naik baru berakhir seperti ini, banyak kompor-kompor bandar yang semangat banget untuk rekomen beli, ketika teman-teman mereka sedang berjuang untuk exit posisi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

1 Comment
  1. dundee82 says

    Mudah2an supportnya di 8100,Mas :p
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

Leave A Reply

Your email address will not be published.