Half Time Report*

33

Selamat siang…

Tekanan jual pemodal asing sebenarnya masih belum seberapa. Dibandingkan dengan rata-rata posisi net buy pemodal asing di bulan Februari yang angkanya berada di sekitar Rp 500 miliar, posisi net sell di pasar reguler Rp 183 yang terjadi hingga jam 11:35 tadi, sepertinya hanya mencerminkan posisi net sell sekitar Rp 300 miliar – Rp 450 miliar hingga sore hari nanti. Pemodal asing masih dalam posisi net sell, tapi masih dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) memang masih belum menunjukkan signal negatif. IHSG hanya meluncur turun karena trend dari bursa regional Asia, sudah mulai berubah menjadi trend turun.

Koreksi IHSG, sejauh ini hanya dimotori oleh ASII yang memiliki kinerja FY 2012 dibawah ekspektasi. Saham-saham perbankan terlihat masih mampu bertahan. Koreksi lanjutan bisa terjadi jika saham-saham perbankan utama, hari ini ditutup dibawah suport. Suport dari BMRI ada di 9800 dan suport dari BBRI ada di 8800.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah arah pergerakan IHSG untuk jangka pendek. Setelah resisten di 4850 ditembus kemarin, IHSG tinggal memiliki suport dari trend naik jangka menengah di 4744. Jika suport tersebut juga gagal ditembus, maka trend jangka menengah IHSG sudah berubah menjadi trend turun. Kalau trend jangka menengah bergerak turun, target IHSG 5000 harus tertunda, tidak pada kuartal ini, tapi pada kuartal berikutnya.

Happy trading… Semoga barokah!!!
Satrio Utomo
*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual, setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.