Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

IHSG 5000: Kena enggak ye?*

72

Selamat pagi…

Resisten kedua IHSG… saat ini sudah di 5020.  IHSG 5000 sudah tinggal dalam jangkauan.  Tapi… berita-berita yang bisa menjadi sentimen negatif, terlihat menggunung.  Dari Angka Inflasi Maret, Kenaikan TDL, regional yang jelek.. dan masih banyak lagi.  Belum lagi.. resisten di 4950 itu juga merupakan resisten yang kuat karena merupakan target dari trend channel.  Anda yang berharap IHSG 5000 dalam waktu dekat… sebaiknya tetap ‘eling lan waspodo’.

Kita memasuki bulan April.  Awal bulan dan awal kuartal kedua di tahun 2013 ini.  Di awal periode seperti ini, kadang kala digunakan sebagai pertanda mengenai apa yang akan dilakukan oleh pemodal.  Itu juga yang terjadi pada pemodal asing.  Apakah aliran dana asing ini akan lanjut atau tidak.  akan terus atau bagaimana…  bakal ditentukan di hari-hari ini.  Sejauh ini.. hingga jam 9.11… aliran dana asing masih mengalir masuk. Jumlahnya juga terlihat cukup menjanjikan.. sudah diatas 20M.  Net buy asing ini baru aman kalau hingga akhir dari sesi pertama nanti, sudah berada di atas Rp 100 M.  Itupun harus dilihat satu-dua hari.  Kalau mereka tiba-tiba berada dalam posisi net sell yang signifikan, berarti asingnya memang sudah selesai.

So… pagi ini, saya hanya ‘pasang jemuran’.  Pasang posisi jual… tapi di level harga yang agak jauh.  Sentimen inflasi, sebenarnya sudah pernah membuat asing ketakutan.  Kalaupun maen, saya hanya tertarik pada saham-saham batubara.  Teknikal rebound yang terjadi pada hari Rabu – Kamis kemarin, sepertinya masih akan berlanjut.  Tapi tetap saja gak lama.. sepertinya kita hanya bisa berharap ret 50% kena.  Setelah itu… kita lihat aja deh…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.