Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

IHSG 5000 itu hanya sebuah angka…*

107

Selamat pagi…

Beberapa waktu yang lalu.. saya sempat mention beberapa orang di tweeter…. nanya.. apakah IHSG akan langsung 5000… atau pake konsolidasi dulu.  Jawabannya lucu: yang penting cuan.. 5000 gak penting!

Hehehe.. masalahnya sebenarnya bukan ‘cuan gak cuan’.  Tapi seberapa cepat seorang rekomendator mempersiapkan pasukannya untuk menghadapi koreksi… itu yang lebih penting.  Maklum.. kalau rekomendator saham lapis kedua… sering terbuai dengan rekomendasinya sendiri.  Mereka sering lupa bahwa mereka itu membawa sebuah gerbong yang panjang.  Salah sedikit… bisa-bisa malah mereka yang ‘makan orang yang mereka beri rekomendasi’.  Mereka sendiri jualan, mem-‘berak’-i orang-orang yang masih mereka suruh untuk hold barang atau bahkan mereka rekomendasikan beli.

So.. Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam ditutup dibawah suport pertama.  Ini bukan signal bearish yang pertama sebenarnya… karena setidaknya 5 signal bearish sebelumnya adalah palsu… atau setidaknya hanya mampu membawa indeks DJI turun kurang dari 3 hari.  Akan tetapi… tetap saja.. ketika IHSG sudah dalam kisaran harga tinggi… plus dengan saham BBRI, saham-saham konstruksi dan properti  terihat mulai banyak yang bikin trend turun… ada baiknya kita menjadi semakin waspada.

‘Beli ketika mau naik’ dan ‘Jual ketika mau turun’ adalah aturan utama dari trading.  Ketika harga bergerak turun, yang mau nahan barang itu biasanya hanya seorang investor yang sudah melakukan kalkulasi jangka panjang.  Kalau anda adalah seorang trader kemudian nahan posisi… hehehehe….

Lebih dari 10 tahun di pasar modal.  Terlalu banyak sudah saya berjumpa dengan trader yang kemudian menyesali nasib.. bahkan hingga dibenci anak istri dan mertuanya… hanya gara-gara penyakit yang satu ini: tidak disiplin.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

3 Comments
  1. nurhadi2 says

    Mantaaap

  2. nurhadi2 says

    Mantaaap nieeeh

  3. nurhadi2 says

    Reblogged this on Nurhadi's Blog.

Leave A Reply

Your email address will not be published.