Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

DJI rekor… IHSG molor…*

70

Selamat pagi…

Target jangka menengah kami untuk indeks Dow Jones Industrial (DJI) di 14700-14750 akhirnya kena juga.  Indeks Dow Jones semalam sudah mencapai kisaran tersebut.  Rekor dicetak di 14716,46.  Sebelum ditutup dibawah rekor sebelumnya di 14683.

Pagi ini.. kondisinya sebenarnya sudah lebih baik dibanding kemarin.  Asing kembali dalam posisi net buy.  Akan tetapi, karena BMRI dan TLKM ditekan jual, ya sudah… IHSG testing suport 4850 – 4875 lagi.

IHSG sedang dalam trend turun jangka pendek.  Kalau IHSG dalam trend turun, saya gak berani posisi beli simpan.  Paling ada posisi trading.  Itupun posisinya tidak pernah besar.  Hari ini saya tetap ambil aksi ‘tadah bawah’… tapi saya cari harga cari di suport kuat… atau malah cari posisi contrarian (beli dibawah suport).  Paling bagusnya kalau harga sudah di ret 50%.. jadi resiko semakin kecil.

So.. saya hari ini hanya duduk manis.. menunggu tadahan dapet.  Sebenarnya agak serem siy… IHSG turun, ketika DJI belum turun.  Kalau DJI tiba-tiba berubah jadi trend turun… berarti koreksi ini bisa berhentinya jauh lebih dalam dari sekedar 4850 – 4875.

IHSG 5000 itu deket.  Tapi hanya trader bebal kompor bandar yang gak sadar bahwa trend jangka pendek, sudah berubah menjadi trend turun.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.