IHSG 5000… Beneran? Atau Fatamorgana?*

53

Selamat pagi…

Kalau anda sudah lama mengikuti update saya dalam weblog ini, anda pasti sudah hafal kalau saya itu pengikut setia trend IHSG dan aliran dana asing.  Kalau sudah trend turun dan/atau aliran dana asing cenderung net sell… maka saya akan cenderung exit, males punya posisi, atau bahkan cenderung full cash.

Hari ini…. kondisinya beda dengan kemarin.  Setelah IHSG kemarin ditutup menembus resisten pertama di 4910, hari ini asing kembali dalam posisi net buy.  Baru kecil sih.. Tapi dengan Rp 103 miliar hingga jam 10.44, hingga sore nanti posisi pemodal asing perkiraan saya bakal melewati angka Rp 200 miliar.  Ini adalah sebuah signal positif karena berarti asing sudah kembali dalam posisi beli.

Trend IHSG memang kembali naik.  Resisten pertama ada di level 4950.  Resisten kedua di 4985 (rekor IHSG), dan level psikologis 5000 adalah resisten ketiga.  Tepatnya.. level 5020 adalah resisten ketiga.  Kalau pertanyaan anda: apakah IHSG akan 5000 bulan ini… saya akan bilang: saya gak mau bertaruh.  Tapi.. kalau anda tanya: berapa prediksi level tertinggi IHSG anda untuk tahun ini… saya akan jawab: 5250 – 5650.  Dengan kata lain: IHSG bakal 5000 tahun ini.  Kapan? Itu juga saya belum tahu jawaban yang ‘pasti’nya.

So… hari ini saya nambah posisi lagi. Dow futs memang negatif.  Itu sebabnya saya tidak mau agresif. Saya tetap dalam posisi bid.  Banks, coal, retail, consumer, semua terlihat menarik.

Kalau melihat sektoral.. sepertinya yang mau gerak adalah sektor ‘farmasi dan distribusinya’.  Tapi pren.. karena saham-saham disitu kebanyakan gorengan… Saya suer gak maen. Hati-hati kalau maen disitu.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. adityawansetiadi says

    Selamat siang Pak Satrio, mau tanya nih pak cara membedakan saham gorengan dengan yang bukan gorengan pak supaya saya dan rekan rekan yang lainnya yang masih newbie tidak terjebak di saham gorengan pak.Terima kasih Salam Aditya

    ________________________________ Dari: Rencana Trading Saham Indonesia Kepada: adityawansetiadi@yahoo.co.id Dikirim: Jumat, 12 April 2013 11:01 Judul: [New post] IHSG 5000… Beneran? Atau Fatamorgana?*

    Satrio Utomo posted: “Selamat pagi… Kalau anda sudah lama mengikuti update saya dalam weblog ini, anda pasti sudah hafal kalau saya itu pengikut setia trend IHSG dan aliran dana asing.  Kalau sudah trend turun dan/atau aliran dana asing cenderung net sell… maka saya aka”

Leave A Reply

Your email address will not be published.