Terseret Asia…*

27

Selamat pagi…

Meski hanya 0,14 persen, kenaikan indeks Dow Jones Industrial (DJI) masih memberikan signal positif setelah ditutup diatas resisten pertama 14553.  Akan tetapi, berita negatif dari data manufaktur China, telah menyeret indeks di kawasan Asia bergerak turun…. Demikian juga IHSG.

Hingga siang hari ini, IHSG masih berhasil bergerak pada kisaran sempit 4975 – 5025.  IHSG masih bisa bertahan diatas suport 4975.  Aliran dana asing masih positif, meski sudah banyak berkurang dibandingkan kemarin.

Posisi IHSG yang berada dekat dengan level psikologis 5000, ditambah ekspektasi negatif akan pergerakan IHSG di bulan Mei, telah membuat pemodal lebih mudah diajak profit taking.  Kalau melihat posisi kemarin, signal bearish sudah terlihat pada sebagian besar saham konstruksi, semen, dan properti… sektor-sektor yang menjadi mainan dari fund manager lokal dalam setengah tahun terakhir.

So.. Kenaikan pada DJI semalam, menunjukkan bahwa skenario H&S pada DJI yang saya sebutkan kemarin, masih berjalan.  Masalahnya: apakah kenaikan kecil tersebut, bisa membuat IHSG resisten testing lagi?

Yang jelas.. suport IHSG hari ini di 4975.  Selama suport tersebut masih bertahan, sepertinya saya masih akan hold posisi biar hanya sedikit.  Kecuali kalau TLKM ditutup dibawah suport 11900.  TLKM ditutup dibawah 11900.. berarti saya memang harus sudah tidak ada posisi lagi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.