Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

‘Jemuran’ Anda sudah laku?

88

Selamat pagi…

Koreksi indeks Dow Jones Industrial hanya tipis.. hanya kecil.  Tidak sampai menembus suport pertama di 14600.  Kalau suport pertama 14600 ditembus… mungkin saya bakal bilang: tuh kan.. H&S seperti gue bilang!!! Hehehe… Tapi karena belum tembus.. ya sudah…  berarti belum jelas juga.

Karena DJI masih bertahan diatas suport, wajar kalau HSI naik.

Problemnya: IHSG hari ini malah suport testing.  Kinerja 1Q2013 ASII benar-benar hancur.  Dilihat dari salesnya aja deh.. konsensus dari Reuters ada di Rp 52,0 tr… angkanya ternyata cuman Rp 46,7 tr.  Meleset 10% lebih seperti ini, berarti penjualan ASII memang teramat sangat jelek.  Gak heran… ASII kemudian terkoreksi hingga lebih dari 4% pada hari ini.

Koreksi ASII ini, menyeret saham-saham big caps yang lain.  TLKM dan GGRM terlihat sudah dibawah suport.  Hanya BBRI dan BMRI yang masih bertahan.

IHSG testing suport di 4975.  Pertanyaan kita sekarang: apakah DJI kemudian malah mengikuti IHSG? Hehehehe… gak ada hubungannya siy.. mana mungkin DJI ikutan IHSG.  Tapi kalau ternyata DJI terkoreksi nanti malam menjelang pengumuman GDP Amerika… hehehe… ya apa mau di kata.

Pagi ini saya cuman berharap.. kalau jemuran anda sudah terangkut kemarin.  Saya sih posisinya agak konyol.  Karena kemarin IHSG ditutup menembus resisten, saya jadi ada beberapa posisi.  Tapi.. tadi pagi… posisi saya sudah saya lepas lagi di harga modal.  Rugi fee.  Koreksi pada DJI membuat saya melihat kemungkinan terjadinya H&S semakin besar.  Belum tentu H&S juga siy.. tapi siapa tahu.

Kalau ternyata IHSG turun setelah saya jualan… mungkin itu hanya kebetulan saja.  Karena stoploss IHSG.. sebenarnya ada di 4975.  Tapi.. kalau melihat target H&S yang ada pada ASII.. bukannya tidak mungkin IHSG menembus suport hari ini.

Suport IHSG di 4975.  Jika tembus.. gap di 4945 – 4953 akan menjadi suport kedua.

Sekedar tips.. kalau cari target bawah dari saham-saham, anda bisa perhatikan target dari H&S di ASII, Wedge di SMGR, dan Broadening formation di GGRM.  Untuk konstruksi dan properti.. anda tinggal lihat ret 50%nya dimana deh.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.