Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Penurunan Peringkat Surat Hutang oleh S&P*

154

Zelamat PaGee dari Universal Broker Indonesia, 3 Mei 2013

Rebound 0,89 persen yang terjadi pada Indeks Dow Jones Industrial memang memberikan sentimen positif pada pergerakan indeks dari bursa di kawasan regional Asia. Akan tetapi, sentimen utama pergerakan IHSG untuk hari ini, diperkirakan tetap akan berasal dari penurunan outlook peringkat surat hutang Indonesia yang dilakukan oleh kemarin oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor (S&P).

Setelah pada tahun kemarin S&P batal memberikan peringkat investment grade pasca kegagalan Pemerintah menaikkan BBM Subsidi, pemunduran kenaikan harga BBM Subsidi yang dilakukan oleh Pemerintah, kembali membuat lembaga pemeringkat ini menurunkan outlook peringkat surat hutang Indonesia, dari ‘positif’ menjadi ‘stabil’. Sentimen ini telah membuat pelaku pasar asing kemarin sore melakukan posisi net sell dan melepas saham-saham perbankan.

www.universalbroker.co.id
021-23586878

Kemungkinan berlanjutnya tekanan jual tersebut, diperkirakan bakal menjadi ancaman untuk pergerakan IHSG hari ini. IHSG hari ini diperkirakan akan kembali mengalami koreksi. Level 4975 tetap akan menjadi suport pertama. Kisaran gap di 4945 – 4953 akan menjadi suport kedua. Suport di kisaran 4850-4900 akan menjadi suport ketiga. Level 5020 akan menjadi resisten pertama untuk IHSG.

*disclaimer ON

Leave A Reply

Your email address will not be published.