Presiden Galau, BBM Galau, Pasar Modal Galau…*

114

Selamat pagi…

Market hari ini, sepertinya masih akan dipenuhi oleh kegalauan.  Maklum… akibat Presiden kita galau dalam menaikkan BBM Subsidi, S&P kemudian menurunkan outlook peringkat hutang kita, dan terakhir.. yang kemungkinan besar bakal menjadi korban adalah kita.. pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia.

IHSG kemarin ditutup dengan signal negatif.. jauh dibawah suport 5020.  Saham-saham perbankan yang selama ini menjadi penopang indeks, kemarin mengalami tekanan jual yang hebat dan ditutup dibawah suport pertamanya.  BBRI ditutup dibawah gap 9400-9450.. BMRI ditutup jauh dibawah suport pertama di 10400.

Pemodal asing kemarin juga sudah mulai melakukan net sell.  Tekanan jual ini terlihat semakin meningkat, terutama setelah jam 15.00, ketika S&P mengumumkan penurunan outlook tersebut.

Hari ini, kedua faktor tersebut akan menjadi penentu utama arah IHSG.  Kalau tekanan jual pemodal asing (yang terutama dilakukan pada saham perbankan) masih terus berlanjut, seiring dengan belum adanya kepastian tentang harga BBM Subsidi ini, maka sudah barang tentu IHSG bakal mengalami koreksi juga.  Level 4975 tetap akan menjadi suport pertama bagi IHSG.. suport kedua ada di kisaran gap 4945-4953.

Penurunan outlook peringkat, sebenarnya bukanlah ‘sesuatu yang sangat besar’.  Sentimennya tidak seperti ‘downgrade peringkat hutang’.  Akan tetapi, karena tahun kemarin pemodal asing kemudian melakukan posisi jual pasca S&P batal memberikan investment grade, maka kali ini sebaiknya kita juga berhati-hati.

IHSG pagi ini, terlihat masih kuat. Terlihat ada yang mencoba ‘mengkompensasi’ tekanan pada saham-saham perbankan dengan kenaikan pada saham-saham di sektor semen.

Tapi pren.. tolong hati-hati juga… net sell asing terlihat sangat agresif.  Belum 5 menit, net sell sudah melewati angka Rp 70 miliar.  Kalau berlanjut, sepertinya net sell asing bisa dengan mudah melewati angka Rp 500 miliar untuk hari ini.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.