15.45*

44

Selamat sore…

Setelah Standard and Poor.. siang ini gantian Moody’s yang menurunkan outlook peringkat surat hutang.  Itu yang membuat tekanan jual pemodal asing terlihat masih besar.  Barusan saya cek (15.47).. masih Rp 388 miliar.  Tekanan jual asing memang masih deras.

Tapi.. IHSG masih bergerak naik.. mendekati level psikologis 5000 sebagai akibat dari teknikal rebound yang terjadi pada saham-saham big caps yang kemarin mengalami koreksi.  Heran? Nggak juga siy… tapi pengaruh regional terlihat lebih berperan.  Itu yang terjadi pada tahun kemarin.  IHSG hanya bisa turun jika trend DJI berubah menjadi turun….

Tapi.. apakah itu membuat trend IHSG menjadi naik? Yang pendek sih iya… tapi yang jangka menengah baru jadi naik lagi arahnya kalau IHSG rekor baru lagi.

Big caps yang kemarin mengalami tekanan jual, BBRI dan TLKM terlihat mengalami reversal.  Tapi BMRI dan ASII.. sepertinya bakal harus berjuang untuk bisa ditutup diatas suport.

So… kalau anda tanya apakah saya beli.. saya beli.. tapi hanya dalam jumlah yang sangat kecil.  Gak sampe 25% ekuitas.  Dow Jones Industrial (DJI) memang masih akan bergerak naik.  Tapi.. dengan berita-berita negatif yang ada… posisi beli sepertinya hanya menarik kalau diambil di harga bid yang agak jauh.  Kalau harga last done saat ini.. tetap saja serem.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.   Terima kasih.

 

You might also like More from author

2 Comments

  1. romen says

    pak, saham komoditas kapan rebound – sudah setahun lebih turun. apa sekarang sudah saat yg tepat untuk beli….apa indikator yg tepat untuk menilai saham itu murah – unsp kok pbv- nya murah sekali 0,13 x . ya pak ?

    1. Satrio Utomo says

      Bung Romen…

      Untuk saham komoditas, harus tetap sabar. Sepertinya masih lama. Saham komoditas itu menunggu harga komoditas. Harga komoditas menunggu pertumbuhan China dan India (terutama China) mulai membaik lagi. Pertumbuhan China dan India baru membaik jika perekonomian Amerika dan Eropa rebound lagi. Perekonomian Amerika memang sudah membaik… Eropa kan belum. Jadi masih agak lama sepertinya.. Harus sabar.

      Kalau mau maen.. sementara memang hanya bisa trading.. coba ambil keuntungan dari ‘dead cat bounce’.

      Wassalam,

Leave A Reply

Your email address will not be published.