15.45*

39

Selamat sore…

Well… setidaknya.. Saya benar tentang satu hal.. bahwa net sell asing hari ini masih tetap besar.  Tetap diatas 200 miliar.  Itu sebabnya… tadi pagi Saya berani nongkrong di Bandara.. antar Mertua yang mau Umrah.

Tapi.. siang tadi, pas saya lihat bahwa IHSG naiknya hampir 1 persen… terus terang saya kaget juga.  Soale.. perkiraan saya.. IHSG gak bakal lewat resisten 5020-5025 untuk hari ini.  Tapi ternyata lewat.

Berita jelek yang beredar di luar, terlalu banyak.  Kalau ini wave 2… Saya mungkin akan tantang untuk beli.  Tapi, karena posisi saat ini.. puncaknya trend aja belum terlihat.. sedangkan berita bearish sedemikian banyak… Saya menanggapinya dengan lebih berhati-hati.  Beberapa posisi cut loss yang saya lakukan beberapa hari yang lalu, terpaksa saya baibek.  Saya gak mau resiko kehilangan barang.  Disisi lain… saya kok melihat beritanya terlalu seram.  Terutama karena net sell yang dilakukan oleh pemodal asing selama seminggu ini di pasar reguler, sudah lebih besar dari pada net buy pemodal asing selama bulan April kemarin.

Saya baibek hanya karena saya disiplin… tidak karena saya melihat market masih bisa naik.  Sejauh ini, untuk trend jangka pendek, saya masih pegang skenario ‘flat di kisaran lebar’… 4905 – 5062.  Saya masih belum yakin terhadap  arah trend jangka menengah.

Well… pengaruh regional memang sangat besar.  Pemodal lokal juga masih kuat menahan posisi.

Kita lihat besok deh… Tapi sejauh ini… minimal arah IHSG untuk trend jangka pendek… sudah bukan trend turun lagi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. Esra Tondok says

    Dear Universal Broker…..

    Berhubung dengan tidak lama lagi saya bekerja di PT. Hutchinson CP Telecommunication maka pengiriman data base saya ke email :

    Esratondok21@yahoo.com

    Terima Kasih & BR

    Esra Tondok

    1. Satrio Utomo says

      Bung Ezra…

      Saya sudah forward pesan anda ke Customer Service Universal Broker. Jika tidak ada respon, Anda bisa hubungi cs@universalbroker.co.id untuk melakukan follow up.

      Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.