Eneg BBM…IHSG dibawah suport…*

34

Selamat pagi…

Minimnya sentimen regional, telah membuat sentimen dalam negeri lebih berperan.  Padahal.. sentimen dalam negeri tetap tidak terlalu bagus.  Sentimen utama berasal dari perundingan antara Presiden (atau mungkin tepatnya: Ketua Partai Demokrat) dan DPR yang berlangsung hari ini.  Perundingan ini membahas mengenai kenaikan harga BBM Subsidi.  Tahun lalu, ketika perundingan antara Presiden dan DPR untuk membahas BBM Subsidi, Rakyat harus mengeluarkan duit banyak untuk Lapindo, tapi BBM Subsidi tidak naik.  Tahun ini.. berapa yang harus dibayar Rakyat.. Saya juga masih belum tahu… maklum.. negosiasinya antara DPR dan Ketua Partai.. jadi hasilnya bisa saja liar.

Yang jelas.. Perundingan itu membuat tekanan jual dari pemodal asing kembali meningkat.  Hingga jam 10.30 ini, tekanan jual dari pemodal asing di pasar reguler sudah melewati angka Rp 100 miliar.  BMRI, TLKM,  dan SMGR sudah dibawah suport.  IHSG juga sudah running dibawah suport pertama di 5083.

Apakah IHSG nanti sore bakal ditutup dengan signal bearish? Kita lihat besama-sama deh… Tapi buat saya.. ketidakpastian akibat BBM Subsidi ini, memang sudah bikin eneg… bikin mual.

Pagi tadi.. jemuran saya di INTP.. sudah diangkat oleh pasar.  Jadi per pagi ini, posisi saya kembali full cash.  Kalau data china yang keluar nanti bagus, sepertinya saya bakal memaksakan mengambil posisi contrarian.  Beli meskipun IHSG memiliki peluang untuk ditutup dengan signal negatif.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.