Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Maukah Anda jadi ‘Bantalan Bandar’?*

2 201

Selamat sore…

Tadi pagi… ada teman yang telpon saya dengan semangat:

Tom…. Saham xxxx… EPS-nya Rp 125.  Dengan perusahaan sejenis P/Enya diatas 15 kali, berarti P/E dia kurang dari 9 kali tuh.  Kamu gak rekomen beli?

Hehehe…. Kalau trend naik IHSG aman.. aliran dana asing aman… mungkin saya masih akan memberikan rekomendasi beli.  Tapi.. dengan IHSG yang sedang dalam trend turun yang masih baru… pasar yang penuh berita jelek… plus asing yang sudah dalam posisi net sell… Saya cuman bilang begini:

Gile aje.. nggak ah… minimal.. nanti aja saya rekomennya.  Kalau saya rekomen sekarang, kalau harga memang naik.. ya bagus lah.. tapi… kalau ternyata kemudian pasar rontok… apa nggak malah saya mempersiapkan bantalan (cushion) bagi bandar untuk melakukan posisi jual?  Bisa-bisa.. bandar-bandar berak barang.. market yang jadi bantalnya.

Anda mau terima berakan bandar?  (Sorry kalau istilah saya sedikit vulgar.. hehehe)

Melihat posisi terakhir Hang Seng.. indeks tersebut sepertinya  bakal ditutup dengan signal negatif.  Dibawah gap.

Saya bakal lebih berhati-hati dalam mensikapi data positif dari emiten.  Iya.. nanti kalau harga turun, saya akan beli.  Tapi tidak di harga sekarang.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. […] ‘BELI’.  Mungkin Anda berpikir: wah.. gile Pak Tommy… Kita disuruh jadi bantalan bandar… hehehe… disuruh nampung asing yang lagi […]

  2. […] Kalau anda masih belum yakin juga… baca juga tulisan saya yang ini deh: Jangan mau jadi bantalan bandar. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.