Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Kesempatan buat ‘Contrarian Trader’…*

133

Selamat pagi…

Dow Jones Industrial semalam terkoreksi, tapi dengan posisi penutupan masih diatas suport.  Belum terlihat adanya signal negatif.  Problem pada indeks DJI hanya satu: posisi terakhirnya sudah menyentuh resisten dari trend channel jangka menengah.  DJI sedang di resisten kuat.

IHSG tadi pagi masih sempat menguat, mencapai target jangka pendek saya di 5250, terus koreksi.  Asing masih net buy dalam jumlah yang signifikan.

Resisten di 5200, sebenarnya adalah resisten kuat terakhir sebelum 5500.  Resisten itu adalah resisten kuat karena merupakan resisten dari trend channel, selain juga ada fibo ret 261% dari swing Mei 2012.

IHSG sedang berada dalam resisten kuat, begitu juga dengan indeks Dow Jones.  Tapi.. signal negatif baru muncul jika terdapat penembusan suport.. dimana dalam 5 bulam terakhir… itu adalah hal yang langka.  Yang sering, signal negatif malah jadi tempat yang baik untuk belanja.  Belanja dengan mode contrarian (beli ketika signal jual terjadi).

So.. dengan koreksi yang terjadi ini, satu hal yang perlu dilihat adalah: Apakah IHSG bakal ditutup dengan signal negatif (dibawah 5164)? Kalau memang ada signal negatif, apakah kita harus dalam posisi beli?  Berani?

Hari ini, saya lebih cenderung untuk antri beli dibawah harga suport… karena dalam beberapa bulan terakhir, posisi contrarian terlihat lebih menguntungkan dibandingkan posisi ‘normal’.

Resikonya memang sedang tinggi.  Tapi marketnya juga lagi gila. Kalau beli sekarang, yang penting tahu stoplossnya dimana.

Happy trading.. semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.