Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

140

Selamat sore…

Akhirnya.. koreksi itu datang juga.  Saya termasuk beruntung karena posisi saya sudah tinggal sedikit.  Tadi pagi saya hanya tinggal exit AUTO yang ternyata kemarin sempat dapet di harga 3425.

Pertanyaannya sekarang: apakah ini koreksi beneran? Atau bohong-bohongan seperti biasanya?

Kalau anda lihat tulisan saya tadi pagi… Anda pasti sudah tahu… bahwa permasalahan kali ini beda dari yang kemarin-kemarin.  Ibarat air minum, suplai air yang biasanya melimpah, ini mau diperkecil… di’pithet’ kalau orang Jawa Timur bilangnya.  Biasanya orang tidak ada kekhawatiran tentang kehausan, sekarang, bisa saja sebagian orang sudah ‘mengkhawatirkan tentang kemungkinan kehausan’.

Jangan tanya berita negatifnya apa lagi yang lain.  Jelas banyak lah… terutama BBM Subsidi yang akan naik per akhir bulan.  Berita jelek sudah menumpuk… tapi selama ini, IHSG tidak bisa turun banyak karena besarnya limpahan likuiditas.

So… IHSG sore ini jauh dari suport pertama 5162-5164.  Net selling asing sudah lebih besar dari net sell buy asing dalam dua hari terakhir.  Kalau anda nanti sore lihat, pasti banyak sekali saham yang ditutup dibawah low kemarin (signal bearish).  Apakah besok market bakalan rebound seperti yang sudah-sudah?

Saya sih ngarepnya enggak.. saya soale lagi kosong posisi.  Pingin saya sih.. IHSG masuk range 4721 – 4904 dulu sebelum kembali bergerak naik.

Tapi… itu pingin saya… yang sudah beberapa bulan terakhir gak kesampaian. Hehehe.  Kita lihat besok deh… yang jelas, saya tidak berminat untuk kasi rekomen beli untuk hari ini.

Happy trading.. semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.