DJI Signal negatif… Beneran? Atau Nipu lagi?*

94

Selamat pagi…

Semalam indeks Dow Jones Industrial (DJI) kembali ditutup dibawah suport pertamanya.  Gak jauh-jauh siy.. hanya sekitar 20 poin dibawah suport.

Problem Kita saat ini adalah:

dengan hampir 10 kali signal negatif pada DJI ternyata hampir semuanya palsu (setelah signal negatif, harga malah naik lagi)… apakah signal negatif kali ini adalah signal palsu sekali lagi?

Hehehe… Saya juga gak tahu.  Palsu atau tidak, kita hanya bisa tahu satu-dua hari kedepan… kalau ternyata DJI masih bisa bikin new high lagi.. berarti itu signal palsu.

Tapi… sebagai clue.. Rally yang terjadi semenjak Januari, itu dipicu oleh melimpahnya likuiditas akibat gelontoran US$85 miliar per bulan yang dilakukan oleh The Fed.

Masa sih kalau keran dikecilin… marketnya gak akan terpengaruh? Ngecilinnya langsung mulai bulan depan lagi.  Gak pake ba-bi-bu lagi.

DJI semalam sudah sempat menyentuh kisaran resisten 15500-15600.  IHSG juga sekarang sedang berada di kisaran resisten 5200-5250.

Selama tidak ada penembusan suport (loh? DJI kan sudah tembus suport? hehehe)… berarti arah trend masih naik.  Tapi.. kalau kedepan trend berubah menjadi turun, bersiaplah untuk koreksi serius karena ‘penyebab’ dari kenaikan, sudah mulai dikurangi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.