Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

124

Selamat sore…

Sentimen dari DJI… memang merupakan sentimen positif.  Turun cuman segitu.. gimana gak positif sentimennya.  Tapi.. hingga sore hari ini, regional Asia (dan kemungkinan juga IHSG) sepertinya juga masih ditutup dibawah resisten.  Artinya: pasar masih ragu-ragu apakah benar kalau penurunan jumlah gelontoran QE4 itu, pengaruhnya bisa kecil terhadap pergerakan harga saham di Amrik sono.

Saya sih… termasuk yang gak yakin bahwa pengurangan QE4 gak ada sentimen negatifnya.  Penurunan jumlah QE4.. sentimennya adalah negatif.  Tapi… melihat kondisi kemarin malam bahwa data-data tenaga yang positif ternyata tidak membuat DJI turun banyak, (data positif –> DJI turun karena data positif akan memperbesar pengurangan jumlah QE4)… saya jadi harus melihat kondisi beberapa hari kedepan dulu… ini reaksi market USA terhadap penurunan jumlah QE4 seperti apa.

Hari ini… hanya saham-saham lapis kedua dan ketiga yang bergerak naik hingga melewati level tertinggi pergerakan kemarin. Biasa.. ini bandar-bandar lokal memang hanya mau ‘make a point’ bahwa ‘perbuatan anda melakukan cut loss karena regional akan bergerak turun… adalah perbuatan yang salah’.  Anda kena hukuman.  Terutama kalau anda tadi pagi beli ketika harga sedang tinggi-tingginya.. anda pasti sudah nyangkut di sore hari ini.  Hanya Bandar yang boleh nginjekin Trader… Trader tidak boleh nginjekin Bandar’ (hehehe… maafkan bahasa saya yang sedikit kasar… saya hanya mau melakukan penegasan).

Saham-saham mainan asing masih bergelimpangan.  Net sell asing dalam dua hari terakhir, sudah melewati angka net buy asing dalam seminggu terakhir kemarin.  Saham-saham pertambangan batubara juga masih memberikan bisikan seperti ini: ‘kalau nanti market turun niy.. saham-saham batubara masih akan terus dihajar’… jadi waspadalah!!!… waspadalah!!!’… gitu ngomongnya.

So… signal positif hanya terjadi, kalau IHSG bisa ditutup diatas gap 5162-5164.  Kalau tidak ditutup diatas itu, berarti IHSG masih dalam trend turun, belum berubah menjadi trend flat.

Saya tetap masih dalam liburan tidak ambil posisi.. setidaknya sampai akhir minggu depan (tangga 1 Juni).

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

1 Comment
  1. […]   Saya sudah jualan.  Semenjak memutuskan untuk lepas posisi sekitar tanggal 24 Mei, dan kemudian libur hingga tanggal 1 Juni, saya memang belum ambil posisi lagi.  Planning saya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.