15.45*

46

Selamat sore…

Kalau Anda mau mencari kambing hitam atas koreksi ini, salahkan saja orang yang lari ke luar negeri untuk menghindari kewajiban untuk menaikkan BBM Subsidi.  Pake alasan macem2.. pake berlindung dengan alasan ‘DPR’ lah.. APBN lah… atau apa.. Tapi kalau badannya besar begitu.. apalagi dengan potongan rambut yang mirip salah satu bintang pilem Doraemon… Mau sembunyi kemana juga percuma.

Hari ini.. IHSG testing suport setelah tekanan jual asing semakin menjadi… melewati angka Rp 1 trilyun yang saya perkirakan siang tadi.. bahkan mencapai Rp 1,2 trilyun di sore hari ini.  Pemodal asing lari tunggang langgang setelah Pemerintah memastikan pengumuman BBM Subsidi akan mundur hingga minggu ketiga bulan Juni.  Maklum.. asingnya takut kalau lembaga pemeringkat, bakal menurunkan peringkat Indonesia.  Mereka bersih-bersih barang.

Yang bagus… bandar-bandar lokal masih terus berusaha bertahan.  Saham-saham properti, konstruksi dan beberapa saham lain yang mereka miliki, malah ditarik naik sampai habis.  Hehehe… dari pada kena forced sell juga, kan mendingan ditarik naik.  Saya sih hanya menyarankan… anda mensikapi ini dengan baik.  Ya silakan nunggu sampai akhir dari trend.  Tapi tetap saja.. kalau trend naik selesai, jangan lupa untuk jualan.  Nanti.. jangan terus karena turun sedikit (5%-10%).. terus dibeli.  Kalau trend berubah jadi turun, anda harus nunggu trend turunnya selesai, baru belanja lagi.

Hari ini… IHSG menyentuh ret 50%nya di 5085.  Satu hal yang saya bisa sarankan: ada baiknya anda tidak melakukan posisi jual ketika IHSG di level ini. Jual ketika suport itu resikonya tinggi.

Khusus untuk batubara… setidaknya saya juga masih belum kepingin untuk rekomen beli.  UNTR dan ITMG itu ada triangle yang sudah tembus suportnya (break ke bawah).  Sepertinya saya mau nunggu sampai targetnya kena… baru mau rekomen beli lagi,

So… saya masih libur trading.  Sebenarnya.. saya juga sudah ngiler lihat saham-saham semen dan konsumsi yang turun banyak.  Tapi .. saya harus disiplin dengan trading plan saya.. meski sebenarnya ada perubahan sedikit.  Berhubung Pemerintah mengundurkan jadwal kenaikan BBM Subsidi jadi minggu ketiga Juni, saya tidak mau ikutan mundur.  Jadi setidaknya, Saya akan menunggu sampai tanggal 1 Juni dulu.. baru mau belanja.

Suport IHSG di 5050 – 5085 ini adalah suport penting.  Kalau tembus.. arahnya bisa jadi memang ke 4700-4950.  Tapi… sepertinya.. penembusannya belum tentu besok.  Nanti malam DJI libur.  Sepertinya sih.. kalau melihat berita-berita yang ada.. regional sepertinya besok masih akan flat.  Kalau regional flat, berarti ada peluang bagi IHSG untuk mengalami death cat bounce (rebound biar cuman dikit).  Saya bilang ‘peluang’… karena seberapa peluangnya juga saya tidak tahu… bisa kecil.. bisa besar….  Tapi yang jelas… melakukan posisi jual ketika harga berada di suport… bukanlah perbuatan yang pintar.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.