15.45*

53

Selamat sore…

IHSG tidak ikut regional? Hm… ada banyak pertanyaan yang muncul dikepala saya sore hari ini:

  • Mengapa IHSG tidak boleh turun?
  • Siapa yang tidak ingin IHSG turun?
  • Kalau IHSG tidak turun.. lantas yang dibeli apa?

Ini semua karena kondisinya terlihat semakin hari semakin ‘diluar akal sehat’.  Banyaknya berita negatif ditambah dengan tekanan jual asing yang semakin hari semakin agresif, ternyata tidak membuat IHSG turun.  Lokal terlihat bertarung habis-habisan agar IHSG dan harga saham masih bertahan dalam trend naik.

Eh.. tapi bahasnya besok aja deh.. yang jelas, sore hari ini, kesimpulan akhir saya seperti ini: oh.. ini mungkin karena orang masih betting bahwa regional masih bisa naik lagi.  Kalau DJI besok koreksinya dibawah 50 poin, berarti HSI bakal rebound sehingga orang-orang hari ini masih berani ambil posisi beli.

Tapi.. apakah benar kalau Dow Jones Industrial trendnya berubah menjadi turun, IHSG kemudian masih bisa terus bergerak naik menuju 5600 dengan tanpa bantuan regional? Sejauh ini Saya masih ragu.  Tapi.. Saya sudah mulai mereka-reka.. apa alasannya, siapa pelakunya.. dan apa agendanya.

Yang penting: jangan lawan tekanan jual asing, kecuali kalau harga sedang di suport kuat.  Kalau anda fokusnya pada saham-saham yang playernya lokal… bisa jadi resikonya lebih kecil karena sejauh ini mereka masih ‘teler’…  ‘sakau’ kebanyakan ‘heroin’ yang terus disuntikkan para pemain lokal tersebut.  Ikuti saja trendnya.  Hanya jual kalau trend naik berakhir.

Saya masih dalam posisi kosong.  Nanti setelah tanggal 1 Juni baru saya memutuskan mau entry market lagi atau tidak.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

1 Comment

  1. Leo says

    Benar2 luar biasa kekuatan IHSG …
    yup Pak Satrio, saya penasaran sekali apa skenarionya ? ” kenapa ihsg tidak boleh turun, siapa yg tidak ingin ihsg turun ?
    ditunggu ya pak info nya besok …
    Terima kasih..

Leave A Reply

Your email address will not be published.