15.45*

30

Selamat sore…

Intensitas ‘perang’ antara Asing vs Lokal benar-benar luar biasa.  Pemodal asing benar-benar exit dari posisi yang mereka miliki pada saham-saham big caps.  Disisi lain, pemodal lokal terlihat melakukan penawaran dengan mengangkat saham-saham ‘mainan’ mereka sampai habis-habisan.

Kalau boleh saya bilang, aksi pemodal lokal memang ‘diluar akal sehat’.  Tapi.. yah.. bagaimana lagi.  Bisa jadi… Mereka harus bertahan agar posisi ‘loss’ pada saham-saham big caps, tidak memaksa mereka untuk melakukan forced sell.  Atau.. memang supaya kinerja fund mereka tidak terpengaruh oleh koreksi IHSG… malah jadi bukti.. bahwa ditengah IHSG turun, dana kelolaan fund lokal ini tetap bisa meningkat.  Tapi… bisa juga karena faktor ‘nasionalisme’ pada saham mainannya masing-masing.  Lagian.. pergerakan harga diluar akal sehat kan tidak dilarang.

IHSG akhirnya ditutup dibawah suport 5085.   Asingnya memang agak keterlaluan juga siy… mereka membuat harga saham-saham ditutup jauh dibawah agar IHSG ditutup pada level terendah.

Kalau sudah begini.. pertanyaan orang sering seperti ini: Anda mau main saham? atau main IHSG? Kalau main saham, belilah saham yang masih ada tenaga naik.  Main IHSG? Main IHSG kan gak bisa.. IHSG gak ada jual belinya.

Jangan terlalu dipikir deh… kedua belah pihak, baik player asing maupun player lokal, memang tidak rasional.  Yang penting, kita memang harus bisa menempatkan diri, agar jangan sampai salah dalam melakukan pengambilan keputusan.

So… saya masih lari kosongan.  Saya hanya bisa bilang: Selamat berjuang buat para teman-teman yang terus fight pada saham-saham lokal.  Buat anda para trader: kalau ngikut arus saham-saham lokal, tolong pake trading plan yang bener juga.  Kalau nanti ada reversal, jangan lupa untuk exit.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.