About these ads

Sedikit yang harus anda ingat tentang ‘CUT LOSS’…*

110411 Donkey Crashed

Selamat pagi…

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

Kemarin sore (6 Juni 2013)… saya melihat status FB atau tweet dari beberapa orang ‘kompor pasar’.  Ada beberapa yang bilang kalau posisi saat ini, mereka sedang ‘merenggang nyawa’ (melakukan pertahanan terakhir karena harga diatas suport) dengan posisi ‘kalau market masih turun.. mereka akan merekomendasikan cut loss’.

Terkait dengan cut loss ini… saya rasa ada beberapa hal yang perlu anda (dan kita) perhatikan:

  • Cut loss itu adalah posisi rugi.  Posisi rugi itu bukanlah tujuan dari Investasi.  Posisi rugi bukanlah tujuan anda ketika anda memutuskan untuk membeli saham.
  • Setiap posisi rugi, adalah biaya.  Biaya dalam melakukan beli-jual saham. Bagi seorang trader, rugi itu adalah hal yang biasa, sama juga dengan untung adalah sebuah hal yang biasa.  Yang penting, posisi ruginya jangan sering sering.  Dan juga: kerugiannya dibuat sekecil mungkin, agar kerugian ini selalu bisa dibayar dengan posisi untung yang dihasilkan.  Bagi seorang trader: keuntungan harus lebih besar dari kerugian.
  • Posisi nyangkut itu terjadi, karena karena anda tidak melakukan posisi trading dengan tanpa menggunakan stoploss level, atau bisa juga karena posisi stoploss levelnya terlalu jauh.  Solusinya: anda harus membuat trading plan dengan lebih baik agar terhindar dari posisi nyangkut.
  • Posisi cut loss itu adalah posisi trading.  Kalau anda sudah cut loss, jangan lupa untuk baibek!!
  • Posisi cut loss adalah posisi trading.  Kalau harga kemudian bergerak berlawanan dengan posisi anda, jangan sungkan sungkan untuk mengakui kesalahan anda dengan melakukan baibek atas posisi jual yang telah anda lakukan!
  • Setiap posisi rugi, harus ada kambing hitamnya!  Entah itu salah siapa: salah anda yang tidak bikin trading plan, salah prediksi, salah trading plan, salah karena tidak prediksi, salah karena anda pake prediksi orang lain, salah karena anda percaya orang lain, atau bahkan: salah anda karena mendengarkan omongan saya!!! (hehehe).  Temukan kambing hitam anda, dan usahakan bagaimana cara mengeliminasi kambing hitam tersebut!!

Terakhir:

Ketika anda cut loss, anda pasti akan keluar uang.. keluar biaya.  Dengan uang (biaya) yang telah anda keluarkan tersebut, anda harus bisa mendapatkan pelajaran yang berharga, pelajaran yang harganya sebanding dengan biaya yang telah anda keluarkan!!!

So… IHSG sudah mencapai batas atas dari kisaran target saya, 4721 – 4904.   Memang… kalau ternyata yang dikejar nanti adalah batas bawahnya di 4721, ya berarti ini koreksi ini masih jauh.    Tapi, sepertinya saya belum kepingin menyerah sekarang.  Hari ini saya malah mencoba belanja karena harga saham-saham yang saya incar, sudah memasuki kisaran suport.  Tentu saja… ada pengecualian untuk saham perbankan.  Koreksi kali ini, sepertinya lebih karena pelaku pasar kembali khawatir akan inflasi yang sulit untuk dikendalikan.. setelah harga jengkol kembali meroket.  Untuk saham jengkol.. eh.. untuk saham perbankan, saya mau nunggu sampai masalah jengkol ini bisa mereda dulu…. baru mulai positioning.  Lagian.. pada BMRI dan BBRI… terlihat adanya potensi koreksi dari pattern pergerakan harganya.  BMRI dengan pattern head and shoulder, dan BBRI dengan penembusan dari trend channel.  Saya mau nunggu sampai target mereka kena.. baru mulai beli.

Sekali lagi:

Temukan kambing hitam anda, dan usahakan bagaimana cara mengeliminasi kambing hitam tersebut!!  Jangan sampai kita jatuh ke lubang yang sama, karena kita bukanlah seekor keledai yang bodoh!!!

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

Kembali ke artikel awal: Trading untuk Pemula

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

About these ads
Comments
5 Responses to “Sedikit yang harus anda ingat tentang ‘CUT LOSS’…*”
  1. roman says:

    Pak bagaimana peluang krisis 2008..apakah akan terulang. kira kira kapan saham batubara akan berada di titik dasarnya ? kenapa bapak tidak memberikan rekomendasi saham kontruksi misal ADHI di 2011.- saya tidak menyangka saham ini melonjak sedemikian tinggi. -( mahasiswa unila)

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Ketika cut loss.. anda harus bisa memetik pelajaran dari situ. – Ketika cut loss dalam trend turun, anda juga harus memutuskan: itu posisi ‘buang rugi’ […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 9,202 other followers

%d bloggers like this: