Should We Wait Until Friday?*

60

Zelamat PaGee dari Universal Broker Indonesia, 11 Juni 2013
Berita positif dari kenaikan outlook dari credit rating Amerika, malah membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) turun tipis 9,53 poin (-0,06 persen). Meski penutupan pada level 15238,59 belum merupakan signal negatif, akan tetapi, koreksi DJI ketika ada berita positif, adalah pertanda bahwa market Amerika masih terus merespon kemungkinan penurunan besaran QE3 yang akan dilakukan oleh The Fed.

Dengan kondisi regional yang flat, sentimen yang tersisa bagi pemodal di Bursa Efek Indonesia, adalah tekanan jual pemodal asing yang diperkirakan masih akan berlanjut. Pemodal asing diperkirakan masih akan melakukan tekanan jual seiring dengan ketidakyakinan mereka terhadap langkah-langkah yang dilakukan Pemeringah dalam menaikkan harga BBM Subsidi. Sebagai informasi, posisi net buy asing sejak awal 2013 masih ada sekitar Rp 5,5 tr, sedangkan posisi net buy asing sejak pertengahan 2012 masih ada sekitar Rp 15 tr.

IHSG hari ini diperkirakan masih akan bergerak flat turun pada kisaran 4721 – 4835. IHSG baru memberikan signal positif mampu ditutup diatas kisaran resisten 4799-4835.

Trend turun ini, sepertinya hanya berakhir jika pemodal asing sudah kehabisan amunisi untuk melakukan tekanan jual. Melihat intensitas tekanan jual yang terjadi, aksi jual pemodal asing sepertinya baru akan berakhir menjelang akhir minggu. Posisi Buy On Weakness sebaiknya dilakukan dengan strategi yang cermat karena kita masih belum melihat IHSG memasuki fase bottoming.

Posisi-posisi spekulatif bisa dilakukan pada saham-saham sektor CPO, mengingat minimnya tekanan jual asing pada sektor ini, bisa memancing pelaku pasar lokal untuk melakukan aksi spekulatif.

BOW: TLKM, UNVR, PGAS, BSDE, ASRI, ADHI, WIKA

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun
dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal
Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau
masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin
keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab
atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas
informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi,
perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan
pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami
miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu
tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.