Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

IHSG: pasca BBM Subsidi (mungkin) naik*

269

Selamat pagi…

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam kembali terkoreksi 0,7 persen.  Dibilang jelek… ya memang jelek karena posisi penutupan di 15.070,18 dibawah suport pertama, half candle di 15.084.  Tapi.. apakah itu membuat IHSG kembali bearish.. apakah itu membuat IHSG bisa ditutup dibawah suport 4700 sehingga kembali ke dalam trend turun? Hm… itu yang harus kita lihat h, ari Senin.  Satu hal yang membuat saya ‘masih bisa berpikir positif’ dari koreksi DJI semalam adalah: Dengan DJI tidak closing new low, bisa membawa sentimen positif pada indeks Hang Seng.

So.. Seperti apa bursa kita di hari Senin? Seperti apa IHSG minggu depan? Masih banyak faktornya sih… Seperti misalnya:  Harga BBM Subsidi tidak naik hingga hari Senin… hehehe… Asing masih ada posisi Rp 10 tr dari net buy sejak Juli 2012.. net buy tahun kemarin.

Tapi… gini deh… ini ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan pegangan:

Q: Bagaimana IHSG hari Senin, apakah pasti turun? Gara-gara koreksi DJI?

A: Sentimen terbesar kita adalah BBM Subsidi.  Kalau BBM Subsidi naik.. apakah terus asing kembali? Itu pertanyaan terbesarnya.  Tapi secara teknikal.. Saya pake suport di 4700.  Kalau 4700 ditembus, berarti trend IHSG kembali turun.  Tapi… kemungkinan IHSG naik? Kisaran IHSG untuk hari Senin… ada di 4640 – 4870.  Naik atau turun? Sepertinya kita harus lihat sampai Senin jam 8 untuk memastikan.

Trend jangka pendek

Q:  Apakah IHSG minggu depan masih bisa naik?

A: Posisi IHSG terakhir, 4760, memang dekat sekali pada resisten dari trend turun jangka menengah.  Untuk menembusnya tentu saja berat.  Tapi, kalau misalnya masih bisa tembus, retracement 50% (arah jangka pendek yang paling mungkin) adalah menuju 4860.

Q:  Apakah IHSG bisa turun?

A: Tentu saja bisa.  Naik turun itu kan biasa.  Lagian, kondisi dari bursa regional juga masih belum settle.  Suport IHSG hari Senin ada di 4700.  Kalau gagal bertahan, trend jangka pendek IHSG bakal kembali berubah menjadi trend turun dengan arah menuju 4490 – 4600.

 

Trend jangka menengah – panjang

Q: Kalau IHSG turun, paling berapa level terendah yang bisa dicapai? Seperti apa worst skenario untuk IHSG hingga akhir tahun?

A: Sejauh ini, worse case skenario untuk jangka menengah, ada di kisaran 4200-4400.   Sementara kita pake suport dari trend channel seperti dibawah ini.  Untuk wavenya.. moga-moga sempat saya share gambarnya minggu depan.  Tapi kurang lebih lebih targetnya sama.  Malah kalau pake wave, targetnya lebih lebar: 4200 – 4600.  Yup.. 4600.  Bisa saja level 4510 yang menjadi lowest IHSG minggu lalu, adalah titik terendah dari trend turun IHSG.  Tapi.. hingga saat ini, IHSG terlihat masih belum selesai dalam melakukan fase bottoming.

1306 Channel IHSG jangka menengah

 

 

Q: Mengapa Pak Tommy percaya bahwa IHSG tidak akan turun dibawah 4200?

A: Karena IHSG saat ini sedang berada dalam wave 4 dari sebuah impulse. Skenario awal saya sebenarnya adalah: bahwa subwave ke 4 dari wave sebelumnya, di kisaran 4721 – 4904, adalah targetnya.  Tapi, suport tersebut ternyata ditembus.  Kalau ‘target wave 4’ ditembus, next target biasanya adalah target dari trend channel.  Kalau target dari trend channel, berarti arahnya bakal sekitar 4350, atau kira-kira pada kisaran 4325 – 4375.   Batas bawah dari skenario terburuk yang saya bahas diatas (4200-4250) adalah yang dinamakan sebagai skenario ‘wave 4 yang melebar hingga keluar dari channel’.

 

Q: Wave ke 4? Berarti nanti ada wave ke 5 nya?

A: Benar.

 

Q: Berapa target dari wave ke 5 dari impulse IHSG nanti? Berapa target IHSG hingga akhir tahun?

A: Target dari wave ke 5 IHSG nanti, akan tergantung dari berapa bottom IHSG pada trend turun ini nanti.  Kalau ternyata 4510 kemarin adalah bottom dari IHSG, potensi kenaikan IHSG bisa mencapai 5200 – 5500.  Tapi, kalau bottom dari trend turun IHSG nanti ada di 4200, berarti potensi kenaikannya hanya 5000-5250.

 

Q: Ringkasnya bagaimana?

A: Ringkasnya….

Hingga akhir tahun, atau minimai.. dalam satu tahun kedepan… IHSG masih akan menikmati sekali lagi level 5000, sebelum kita memasuki periode konsolidasi dari trend jangka panjang.  

 

So… kalau anda percaya sama orang yang bicara IHSG mau ke 4000, 3600, atau lebih rendah dari itu… ada baiknya anda JUAL semua posisi anda… pegang cash ajah.. dan NGILER ketika IHSG nanti sempat mencapai level 5000 hingga akhir tahun.  Anda berani jual?  Saya sih berani BELI.  Saya berani BELI karena outlook trend jangka panjang saya masih bullish, saya tetap akan memanfaatkan koreksi kali ini, untuk melakukan positioning, mencari harga saham bagus dengan harga yang sangat murah.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

8 Comments
  1. nurhadi2 says

    Reblogged this on Nurhadi's Blog and commented:
    Memang luar biasaa!!!

  2. […] Terus terang… saya memang agak bete melihat indeks Dow Jones Industrial (DJI) hari Jumat yang terkoreksi.  Tapi… Hang Seng (sentimen dari regional Asia) akhirnya berhasil menolong kita… sesuai dengan harapan. […]

  3. […] dari hitungan teknikal saya sih (Anda bisa membaca posting saya pada hari minggu kemarin, mengenai arah pergerakan IHSG hingga akhir tahun), saya tetap berpegang pada prediksi bahwa IHSG tahun ini masih memiliki peluang untuk kembali […]

  4. sugihartono says

    positioning yang tepat saat koreksi seperti ini nfonya ddapat darimana ya pak Tom

    1. Satrio Utomo says

      Bung Sugihartono..

      Wah.. mohon maap Bung.. Email anda masuk ke Spam.. Saya harap anda terus membaca postingan saya karena disitu cukup banyak informasi untuk entry exit.

      Wassalam,
      Satrio

  5. […] Saya menggunakan skenario ‘overshoot subwave 4 dengan target 4200-4400‘. […]

  6. […] Pandangan saya tentang arah IHSG kedepan, masih tetap seperti minggu lalu: […]

  7. […] 4200-4400 sebagai suport Saya.  Skenario yang saya pegang untuk IHSG kedepan, masih tetap berupa skenario ‘overshoot wave 4′  seperti yang saya bilang sebelumnya, dimana kisaran 4200 adalah sebagai suport […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.