Stick with Your Trading Plan*

35

Zelamat PaGee dari Universal Broker Indonesia, Jumat 21 Juni 2013
Reaksi pasar atas langkah The Fed dalam ‘memutus’ stimulus QE4 lebih awal dari sebelumnya, baru terlihat pada pergerakan indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam. Indeks DJI terkoreksi 353.87 poin (-2,34 persen) dan ditutup pada level 14.758,32, jauh dibawah suport 14844. Bursa Asia pada pagi hari ini, terlihat mengalami koreksi. Akan tetapi, koreksinya dalam persentase terlihat masih dibawah koreksi DJI semalam.

Koreksi tersebut, diperkirakan memberikan sentimen negatif pada pergerakan IHSG. IHSG hari ini diperkirakan kembali terkoreksi dengan suport 4510 sebagai suport pertama. Kisaran 4200-4400 sebagai suport kedua.

IHSG saat ini sedang berada dalam sebuah trend naik jangka panjang. Sejauh ini, secara teknikal, kami masih dalam prediksi bahwa suport di 4200-4400 bakal bertahan, dan IHSG masih memiliki peluang untuk kembali menguji level psikologis 5000 hingga akhir tahun. Ini membuat kami tetap dalam rekomendasi Buy On Weakness, untuk saham-saham penggerak IHSG, seperti TLKM, UNVR, PGAS, SMGR, dan INTP, terutama ketika IHSG mencapai kisaran suport 4200-4400 tersebut.

Sebagai pertimbangan, perlu juga diingat bahwa dengan langkah The Fed tersebut, likuiditas sebenarnya masih akan tinggi setidaknya hingga akhir tahun 2013. Berdasarkan kinerja 1Q2013, kondisi fundamental emiten Indonesia, mungkin bukan dalam kondisi yang prima. Akan tetapi, kondisi tersebut masih terlalu bagus untuk sebuah koreksi yang terlalu dalam. Disisi lain, posisi net buy asing di pasar reguler dari periode Juli 2012 masih tersisa sekitar Rp 7 tr memang masih mensisakan resiko yang tidak kecil.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun
dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal
Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau
masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin
keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab
atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas
informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi,
perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan
pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami
miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

2 Comments

  1. Adi says

    Pak satrio, bagaimana cara mengetahui net buy net sell asing di pasar reguler ?

    1. Satrio Utomo says

      Di platform Online trading UBI ada.. anda pake OLT apa?

Leave A Reply

Your email address will not be published.