Dugem UNTR… Semoga menghasilkan…*

67

Selamat pagi…

Tahukah anda betapa ngawurnya saya kemarin sore? Hehehe,  Bagi anda yang mengikuti tweet saya, @rencanatrading, anda pasti juga sempat mengikuti:

  • Saya beli UNTR di 16800 sebelum perdagangan berhenti di 15.50.  Ini sebenarnya sebuah kesalahan.  Saya sebenarnya ingin mengambil kesempatan di closing session.  Eh… siapa tahu harga dihajar turun.  Tapi.. bukannya pasang setelah market berhenti, saya pasang sebelum perdagangan berhenti.
  • Saya pasang beli di harga yang menurut saya ‘kecil sekali kemungkinannya untuk dapat’, di 16.800 ketika market saat itu running di 17.050, dengan bid di 17.000 sebanyak 1000 lot.  Gak mungkin dapet deh.. begitu pikiran saya.
  • Setelah itu, saya harus menemui tamu.  Artinya.. saya sejenak meninggalkan monitor saya.
  • Hasilnya ya seperti itu: Saya dapet posisi sebelum closing session, di 16.800.
  • Problemnya kemudian menjadi lebih buruk lagi: ketika closing session bukannya ditutup naik, UNTR akhirnya malah dihajar turun dan ditutup di 16000.
  • Eh… Bukannya jualan.. tapi saya malah beli lagi.
  • Ketika itu, saya hanya sempat melirik chart.. saya sih lihat wedge UNTR targetnya hanya 15900-16000.  Selain itu, saya juga melihat bahwa trend channel UNTR, suportnya ada di 14900-16600.  Harga sudah memasuki suport kuat.
  • Anda bisa lihat deh di monitor anda… berapa lot yang saya beli ketika jam 15.45 – 16.15.  Itu sebuah jumlah yang sangat besar untuk sebuah posisi yang saya miliki.
  • Udah begitu… itu semua saya lakukan ketika market penuh dengan ‘fear’, rasa takut akan kemungkinan koreksi berlanjut.  IHSG turun 3,2 persen.. Dow Futs turun sekitar 0,7 persen (sekitar 85 poin)…

Hehehe… Benar-benar ngawur… nekad.

Tidak sepenuhnya ngawur sih sebenarnya.  Anda mungkin sempat lihat juga: saya berani ambil posisi ketika potensi koreksi sudah terbatas, dan harga berada di kisaran suport yang kuat.  Tapi tetap saja… dengan kondisi terakhir dari bursa regional yang seperti itu, even terlalu riskan untuk mengambil posisi ‘cacing-cacing… naga-naga’ (posisi spekulatif).  Udah gitu… saham yang diambil.. bukanlah saham yang ada di trading plan saya (anda mungkin juga sudah lihat bahwa sebelumnya, saya sempat ngetweet saham pilihan saya, yang hanya terdiri dari TLKM, UNVR, ICBP, PGAS… hanya 4 saham.  UNTR bukan saham pilihan saya).

Tapi… pagi ini.. ternyata… Indeks Dow Jones Industrial ditutup naik 56,14 poin (+0,4 persen).  Belum merupakan indikasi apa-apa sih karena kecilnya kenaikan, bisa saja membuat bursa regional tergerus… membuat Hang Seng tetap saja minus.  Tapi setidaknya.. kenaikan tersebut memberikan harapan bahwa posisi saya bisa terselamatkan.

Semoga saja.

Ulasan diatas, adalah bagaimana saya mengambil ‘kesempatan’ dari closing session, sesi penutupan harga yang belakangan ini banyak diributkan oleh pelaku pasar.  Orang bisa bilang macem-macem: yang bilang sebagai black box lah… dark room… wilayah tak bertuan… dan masih banyak lagi.

Tapi…

Saya melihat proses pembentukan harga selama closing session, sebagai sebuah kesempatan

Ide besar dari pembentukan closing session seperti itu, adalah bahwa BEI ingin memberikan harga penutupan yang lebih wajar.  Tidak ada lagi pelaku pasar yang bisa ‘iseng-iseng’ buat penutupan harga saham hanya dengan 1 lot transaksi.  Jika mau menentukan harga penutupan, pelaku pasar harus melakukan order dalam jumlah besar.

Wal hasil.. harga kemudian lompat-lompat ketika penutupan.  Penentuan harga pasar menjadi ajang ‘adu kekuatan’.

Saya masih berharap.. HSI nanti positif.. biar UNTR bisa dibuka di harga atas.

Semoga…

(keterangan: Hasil dari posisi ini.. bisa dilihat pada tulisan berikut.  Terima kasih.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

7 Comments

  1. taufiq says

    Salut Pa atas keterus-terangan dan kejujuran Bapak untuk mengakui kesalahan sendiri secara fair, sebuah pelajaran yang sangat berharga untuk kita ambil hikmahnya. mudah2an hari ini UNTR naik lagi.

    1. Satrio Utomo says

      Betul Bung Taufiq..

      Pelajaran berharga: kalau mau memanfaatkan closing session.. masukin order jualnya setelah market berhenti di 15.50… Jangan sebelumnya.

      Wassalam
      Satrio

      1. Adi says

        hari ini US Holiday: Independence Day

        All Markets Closed

        1. Satrio Utomo says

          Betul.. itu sebabnya Saya tadi exit cepat-cepat.. hehehe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.