15.45*

44

Selamat sore…

Apa sih yang bikin market takut? Tappering yang akan dilakukan oleh The Fed? Dana asing yang dibilang XYZ (salah satu broker asing) masih ada Rp 7 tr? Rasanya memang aneh.. ketika market Amerika mulai tidak takut dengan tappering, malah Asia turun gara-gara tappering.  Kalau masalah dana asing.. hitungan saya sih.. dana asing di pasar reguler.. tinggal kurang dari Rp 3 tr.  Gak ada yang perlu dikhawatirkan lah…

Kalau cuman regional.. saya sih gak terlalu khawatir.  HSI masih ditutup diatas batas bawah dari gap 20532.  HSI masih ditutup diatas suport.  Dow Futs masih positif.

Ini yang ‘aneh’… saham-saham lapis kedua-ketiga.. terutama properti dan konstruksi yang pemainnya lebih cenderung pemain lokal.. pada berjatuhan.   Apakah ‘dana lokal besar’ yang tengah bermasalah.. saat ini sedang mengurangi posisi.. itu yang saya juga tidak tahu.  Tapi yang saya lihat: tekanan jual asing hanya ringan, tapi lokalnya malah bingung sendiri.

Saya sih… saat ini masih berpegang pada skenario inverted H&S yang pernah saya kemukakan pada Market Outlook Juli kemarin.  Suport dari shoulder kanan, ada di 4500.  Atau setidaknya.. selama IHSG masih diatas 4400.. ya kita anggep inverted H&S masih bisa.  Kalau sampai dibawah 4375.. lah itu diangap sebagai double bottom juga bisa.  Tapi itu nanti.. bukan sekarang.

Karena masih berpegang pada skenario H&S.. sore hari ini saya masih dalam mode belanja.  Setelah kemarin saya belanja sekitar 25%.. hingga sore ini saya baru dapet kurang dari 5%… baru nambah sedikit.  Entah kalau tiba-tiba UNTR, SMGR, INTP, ICBP, TLKM, atau UNVR di guyur di closing session.. bisa -bisa saya punya posisi lebih dari 50%.   Tapi hingga sebelum jam16.00.. posisi saya masih sedikit.  Cukup ringan bagi saya untuk melakukan bottom fishing.

Dalam trading.. seorang trader harus punya trading plan.. harus punya rencana trading.  Biar kalau harga lari kemana-mana.. kita tidak bingung.  Setiap posisi beli itu kan ada stoplossnya.  Kalau ternyata posisi kita rugi.. ya sudah lah.. memang itu resikonya.  Tapi kalau untung.. akan menjadi berkah yang sangat berharga.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. repento says

    sebelumnya pak satrio menulis

    — Apa sih yang bikin market takut?

    — Kalau cuman regional.. saya sih gak terlalu khawatir.

    — Tapi yang saya lihat: tekanan jual asing hanya ringan, tapi lokalnya malah bingung sendiri.

    kemudian setelah menulis spt itu, yg dilakukan pak satrio adalah

    — saya baru dapet kurang dari 5%

    mohon maaf pak, pandangan dan tindakan bapak kok membingungkan ya pak

    1. Satrio Utomo says

      Bung Repento…

      Anda hanya analis tipe kedua dalam ulasan saya ini:

      http://rencanatrading.wordpress.com/2011/10/07/cara-menjadi-analis-yang-selalu-benar-edisi-revisi/

      Tidak melakukan prediksi, tapi menjadi pihak yang benar ketika ada analis lain yang sedang salah prediksi
      Ini pasti terlihat seperti benar. Ketika ada orang salah.. Ikut-ikutan menimpa. Padahal dia juga tidak pernah memprediksi. Pasti terlihat benar.

      Terima kasih atas masukannya

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.