Menunggu Rasionalitas Pemodal…*

91

Selamat pagi…

Mungkin anda sudah membaca tweets saya tadi pagi:

  • IHSG hari ini, kisarannya di 4373 – 4505.  Kecenderungannya bervariasi.
  • Hang Seng.. resisten ada di gap 20698 – 20729.

Strategi saya hari ini standar: lihat resisten, kalau resisten ditembus, saya mau nambah posisi.  Posisi terakhir saya, saat ini masih sekitar 40%-an.  Kalau resisten gak tembus, ya saya mau lihat posisi regional pada saat sore nanti.

Kalau melihat tekanan jual yang terjadi kemarin… saya sih lihatnya sudah gak rasional.  Kok berasa banget kalau ada ‘bandar besar yang lagi kena forced sell’.  Tapi realitanya seperti apa, saya juga tidak tahu (coba saya penyidik OJK… tinggal saya buka data KSEI deh… hehehe).  Hari ini aja.. asingnya wait and see.  Yang lagi jualan, hanya fund lokal yang posisinya agak kedodoran.

Tanpa mengurangi rasa hormat… Saya sih ingin turut mengucapkan rasa ‘bela sungkawa’ kepada anda yang sedang hold saham-saham properti dan konstruksi.  Semoga anda semua bisa mengutip pelajaran dari setiap posisi trading yang anda lakukan.  Dan.. siapapun yang mengompori anda untuk ‘hold posisi trading ketika trend harga menjadi turun’… bisa diterima amal perbuatannya disisi-Nya.

Saya saat ini sedang berusaha untuk tetap rasional. Saya lihat regional mau kemana.  Selama regional masih bagus, saya rasa… tidak ada alasan yang urgent untuk melakukan posisi jual.  Tapi… posisi nambah beli, sepertinya hanya bisa dilakukan jika terdapat penembusan resisten, baik

Saya selalu ingat pepatah ini:

When Street get Bloody.. its time to enter the market’

Saya masih menunggu dengan berhati-hati.. untuk saat-saat seperti itu…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

 

 

You might also like More from author

5 Comments

  1. murdiono says

    wah sesuai dengan comment bapak yang kemarin2 di facebook. agar jangan sentuh dulu sektor properti karena ada dana besar yang bakal bikin masalah :-.)
    kalau boleh tahu bagaimana bapak mengetahui ada indikasi-indikasi tersebut?
    mohon dibagi ya pak ilmunya 🙂 terima kasih 🙂

    1. Satrio Utomo says

      Bung Murdiono…

      Saya sih hanya melihat.. ketika market rebound di akhir Juni lalu, mereka tidak ikut rebound. Itu sebabnya saya takut kalau adan tekanan jual lanjutan. Tapi Bung.. per hari ini 10 Juli, sepertinya sudah reversal tuh. Anda sudah sempat beli belum? Saya tadi pas meleng.. jadi belum sempat beli deh.. hehehe…

      Wassalam,
      Satrio

      1. murdiono says

        Alhamdulillah sempat beli pak:-). Limayan buat beli takjil.Hehehe 😀
        Hmm…kira2 sektor ini bisa bertahan berapa lama menurut pengalaman dan analaisa Pak Tom?

  2. murdiono says

    Ok Pak Tom. Trims 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.