Menanti resisten ditembus…*

67

Selamat pagi…

Kalau melihat posisi dari indeks Dow Jones Industrial… Sebenarnya sudah ‘hampir bagus’.  Kalau anda bisa menarik trend turun… anda bakal menemui bahwa DJI sudah menembus trend turun.  Tapi… karena penembusannya baru tipis.. dan lagian.. high dari trend sebelumnya di 15340 belum terlewati…. saya kira terlalu dini untuk bisa bilang bahwa itu adalah signal positif untuk jangka menengah.

IHSG sendiri.. hari ini masih terlihat ‘berat banget’ dalam usahanya untuk mengakhiri trend turun jangka pendeknya.  Dari pergerakan kemarin… IHSG .. untuk bisa mengahiri trend turun, harus ditutup di atas 4482…. Kalau cuman ditutup di 4440 – 4482 … berarti IHSG masih perlu konfirmasi (besok harus naik) untuk bikin signal positif.

Problemnya memang ada pada aliran dana asing. Posisi net sell asing… sepertinya hari ini masih akan bertahan diatas Rp 500 miliar.  Ini yang membuat IHSG sulit untuk berkembang.

Harga dari saham-saham juga ikut terganjal di resisten pertama.  Coba deh.. saya tadi pagi sudah tweet ‘teori candlestick’ sederhana:

Jika batang panjang, resisten ada di half candle, sedangkan jika batang pendek, resisten ada di high.

Anda cek sekarang: ADHI, BSDE, WIKA, ASRI.. banyak yang hanya berhenti di resisten. Baru BMRI dan PTPP yang berhasil ‘lepas landas’ menembus resisten.

So… sepertinya… saya hanya bisa wait and see sampai nanti sore.  Saya hanya bisa menunggu signal positif dari bursa regioal, untuk melakukan positioning.   Pagi ini saya hanya bisa ‘ayun-ayun’ posisi: jual ketika harga masuk di resisten level, terus antri lagi di posisi suport.  Sisanya baru bisa dilihat nanti sore… menunggu signal positif dari bursa regional.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.