Berharap pada Aliran Dana Asing…*

72

Zelamat PaGee dari Universal Broker Indonesia, 12 Juli 2013

Sebagai reaksi dari pidato Chairman The Fed kemarin, Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam ditutup dengan rekor penutupan tertinggi terbaru di 15.460,92. Meskipun demikian, pagi hari ini, Indeks dari bursa di kawasan regional Asia terlihat hanya bergerak mixed, setelah kenaikan 169,26 poin (+1,1 persen) yang terjadi pada DJI tersebut dianggap sudah merefleksikan kenaikan yang terjadi pada bursa Asia kemarin.

Setelah kemarin naik 2,8 persen dan ditutup di kisaran resisten 4600-4650. Hari ini, harapan berlanjutnya kenaikan IHSG sepertinya hanya bisa terjadi jika pemodal asing kembali melakukan aksi beli dalam jumlah yang cukup signifikan. Ini karena kenaikan BI Rate 50 basis poin yang dilakukan oleh Bank Indonesia kemarin, sentimennya cenderung negatif mengingat kenaikan tersebut diatas prediksi konsensus pasar yang hanya memperkirakan BI Rate naik 25 basis poin.

Pada perdagangan kemarin, saham-saham yang selama periode krisis kemarin menjadi penggerak utama IHSG, seperti TLKM dan UNVR, memang sudah mampu menembus resisten dari flat rangenya sehingga masih memperlihatkan potensi kenaikan yang cukup. Akan tetapi, kenaikan BI Rate telah mulai memancing aksi profit taking pada saham-saham properti dan konstruksi. ‘Apakah pemodal asing masih akan terus melakukan akumulasi pada saham perbankan ditengah kenaikan 50 basis poin pada BI Rate?’ adalah pertanyaan utama kita untuk hari ini.

IHSG hari ni diperkirakan akan bergerak bervariasi dengan kisaran 4550 – 4650 sebagai kisaran utama. Hanya penembusan atas resisten 4650 yang akan membuka potensi kenaikan hingga 4750 – 4825.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.