Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

148

Selamat sore…

Data GDP China yang saya khawatirkan bakal menyumbang sentimen negatif, ternyata disikapi positif oleh pasar.  Indeks Hang Seng masih bisa naik.  Itu faktanya.

IHSG sendiri.. sepertinya hanya berkutat dengan sentimen negatif yang ada dari dalam negeri.  Kalau saya cari penyebab dari IHSG turun, saya pasti akan bilang bahwa penyebabnya adalah BI Rate yang naiknya ketinggian itu.  Naikin BI Rate kok 50 basis.  Ditengah pengumuman bahwa The Fed gak akan naikin suku bunga.  Maunya sih… supaya Rupiah kuat.  Tapi.. hasilnya malah sebaliknya: yang terlihat malah BI panik dalam menjaga Rupiah.

Gara-gara BI Rate naik ketinggian ini, pemodal asingnya juga males beli.  Mereka hari ini malah kembali dalam posisi net sell.  Net sell pun.. jumlahnya sangat kecil… Dengan rata2 net buy diatas Rp 250 dalam dua hari terakhir, net sell Rp 65 miliar hingga 15.50.. tidak menunjukkan bahwa mereka serius keluar dari market.  Mereka hanya menunggu perkembangan regional. Eh.. siapa tahu DJI naik lagi.. sepertinya mereka bakal beli lagi.. (barangkali).

So… Setelah pada hari Jumat kemarin saya (tidak sengaja) cuci gudang, hari ini saya belanja lagi.  Baibek lah..  IHSG sepertinya masih akan ditutup diatas 4590.. kalaupun ditutup dibawah itu, nanti juga 4500-4550 suportnya.  Saya berusaha mengisi kembali porto saya, karena hingga saat ini.. trend dari bursa regional masih berupa trend naik.

Happy trading.. semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.