Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Menunggu Aliran Dana Asing dan Data-data Regional*

95

Zelamat PaGee dari Universal Broker Indonesia,

Sentimen negatif dari kenaikan BI Rate sebesar 50 basis poin terlihat mempengaruhi pasar. Pada hari Jumat kemarin, pemodal lokal terlihat kehilangan kepercayaan diri dan kemudian melepas posisi yang dilakukan pada saham-saham sektor properti dan konstruksi.

Meskipun demikian, Kami masih melihat adanya peluang bahwa sentimen negatif dari kenaikan BI Rate ini, masih bisa teratasi oleh sentimen positif dari Bursa Regional, karena aliran dana asing, sepertinya masih akan mengalir, selama Bursa Regional masih terus bergerak naik. Untuk regional ini, Kita semua masih menunggu data GDP China yang akan dipublikasikan pada jam 9.00 nanti. Jika data ini ternyata sentimennya positif, maka bisa saja IHSG bakal bergerak naik mengikuti sentimen regional, seiring dana asing yang terus masuk ke Bursa Kita.

Sebelum data tersebut dipublikasikan, IHSG hari ini diperkirakan bakal bergerak bervariasi dengan kisaran 4590 – 4680 sebagai kisaran utama. Penutupan dibawah suport 4590 akan membuka potensi koreksi hingga kisaran 4500-4550. Disisi lain, penutupan diatas 4680 akan membuka peluang bagi IHSG untuk kembali menguji kisaran resisten 4825 – 4880.

Akibat kenaikan BI Rate, pasar masih terlihat penuh dengan ‘rasa takut’. Jika ingin memanfaatkan sentimen regional, pemodal sebaiknya tetap dalam posisi akumulasi dengan strategi Buy On Weakness, terutama pada saham-saham sektor konsumer, dan saham-saham big caps yang menjadi penggerak IHSG.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.