Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Artikel Untuk Pemula…

130

Selamat pagi…

Semua sebenarnya berawal sekitar seminggu yang lalu, ketika Saya bertemu dengan salah seorang sepupu di sebuah pertemuan keluarga menjelang Ramadhan.  Ceritanya… biasa niy… sebagai mahasiswa yang baru saja lulus, dia mencoba investasi di pasar modal.  Hasilnya standar: nyangkut. Kalau pas market bagus seperti Januari – April kemarin, jelas dia berjaya.  Tapi… dalam kondisi market Mei – Juni ini.. dia jelas nyangkut.. gak bisa ngapa-ngapain.

Kemudian… dia bertanya-tanya kepada saya.. mengenai ini… itu… Pertanyaan-pertanyaan standar siy… seperti misalnya: kalau mau trading itu, mulainya bagaimana… cara prediksi market seperti apa… bagaimana cara kita memandang pergerakan bursa regional, dll. Pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya sudah sering saya jawab melalui tulisan pada blog saya ini.  Karena pertanyaannya standar… jawaban saya juga standar: lihat aja di blog saya deh… ada kategori yang namanya ‘Knowledge from The Street’… disana sebagian besar sudah ada kok.

Setelah seminggu.. dia kembali kepada saya.  Komentarnya agak panjang: Mas.. gak ada mas.  Artikelnya ada beberapa artikel yang menarik memang… tapi karena urutannya lompat-lompat.. jadi sulit untuk mempelajarinya.  Kalau kita cari apa yang kita mau.. bisa saja ada.  Tapi… untuk mempelajarinya… tetap saja sulit karena saya gak ada background-nya .  Mulainya dari mana? Terus setelah itu.. bagaimana selanjutnya?

Saya kemudian menyadari: Meski saya sudah melakukan penggolongan terhadap artikel-artikel yang saya tulis dalam kategori ‘knowledge from the street, tapi tetap saja: kalau anda adalah seorang pemula yang gak tahu mulainya dari mana, dan bagaimana urut-urutannya, dan bagaimana penggolongannya… tidak tahu apa yang anda cari atau tidak tau mana yang anda mau… anda akan bingung.  Bisa saja bingung karena tulisan saya jelek.  hehehe… tapi lebih bingung karena tulisannya tidak berurutan.

So.. saya berinisiatif:

saya coba agar tulisan yang ada di blog ini, lebih mudah dipelajari, lebih mudah dimengerti, dengan cara melakukan pengelompokan yang lebih detail, kemudian mengurutkannya.

Tulisan kemudian saya bagi menjadi 3 bagian (4 sih sebenarnya.. tapi karena kemudian tempatnya hanya ada 3, maka ada 2 kategori yang saya satukan):

  1. Artikel untuk Pemula yang tempatnya di sebelah samping kanan (agak kebawah) dari weblog rencanatrading.com ini, berisi tulisan yang sebaiknya dibaca oleh mereka yang baru saja berkecimpung di dunia persilatan.. eh.. persahaman,
  2. Trading Psychology & Trading Strategy yang tempatnya di sebelah pojok kanan bawah dari weblog rencanatrading.com ini, berisi artikel yang isinya tentang ‘sudut pandang’ yang sebaiknya ditempuh oleh seorang pemodal untuk bisa memahami market dan pergerakaan harga secara lebih baik, serta
  3. Charting Skills dan Siaga Gorengan yang tempatnya di samping kiri (agak kebawah) dari weblog rencanatrading.com ini, berisi artikel bagi mereka ingin memperdalam analisis teknikal, serta sudah bosan dengan kelakuan bandar yang sering kali berasa ‘kasar’ dalam ‘mengambil’ uang dari pemodal.

Untuk bagian yang kedua dan ketiga.. memang sengaja tidak saya urutkan.  Ini karena saya yakin bahwa pembacanya sudah canggih.  Tapi… khusus untuk ‘Artikel untuk Pemula, saya sengaja urutkan agar pembacanya bisa memiliki pemahaman step-by-step.  Pemahaman step-by-step ini saya harapkan akan mempermudah proses pembelajaran yang tengah dilakukan oleh para pemodal pemula ini.

Terus terang… masih banyak yang harus dilakukan.  Masih banyak tulisan yang harus ditambahkan agar ‘story’-nya bisa menjadi semakin lengkap.  Kedepan… sepertinya itu yang akan saya lakukan.  Anda bisa saja request untuk memasukkan tambahan tulisan, terutama yang nantinya bisa mempermudah proses pembelajaran pemodal pemula.  Agar big picturenya bisa lebih indah.  Atau.. anda mau menyumbang tulisan? Boleh juga.

So… Untuk sementara…. silakan anda nikmati dulu apa yang ada.  Semoga kedepan.. saya terus bisa memberikan berbagai inovasi yang berguna bagi kita semua… bagi pasar modal kita yang kita cintai ini…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

PS: Semoga Alloh SWT menerima semua usaha saya, sebagai amalan saya untuk bulan Ramadhan ini.  Aamiin.

26 Comments
  1. timoty says

    Trims bung Tomy.. Sangat mencerahkan… Semuga selalu beruntung

    1. Satrio Utomo says

      Terima kasih juga sudah berkunjung…

    2. Satrio Utomo says

      Semoga ilmu yang anda dapat bisa bermanfaat…

  2. The Petarung says

    huahh…makin mantrabb jaya ni pak satrio 😀

    1. Satrio Utomo says

      Terima kasih Bung…

    2. Satrio Utomo says

      Siip … hehehe

  3. Asyraf says

    Selamat Pak. Semoga upaya Pak Tommy akan memberi manfaat dan lebih efektif dlm pemberdayaan pemodal. Trm kasih.

    1. Satrio Utomo says

      Sama-sama… terima kasih juga sudah mampir…

    2. Satrio Utomo says

      Aamiin Bung Asyraf…

      Terima kasih juga sudah mampir. Semoga apa yang Bung Asyraf pelajadi dalam weblog ini, bisa untuk meningkatkan keuntungan Anda.

      Wassalam
      Satrio

  4. fendy says

    artikel yang bagus sekali.sangat membantu

    blog ini wajib dibaca tiap hari dan tidak menjerumuskan orang…

    kiblat saya dlm pengambilan keputusan..

    teruskan usahamu TOM amal kebaikan mu akan berlimpah..saya doakan selalu

    1. Satrio Utomo says

      Terima kasih Bung Fendy…

      Sukses selalu untuk anda…

      Wassalam
      Satrio

  5. fitro wijaya says

    mantap Pak Tom, selama ini saya teman-teman yang sama2 pemula juga kesulitan memulai darimana, sehingga ilmu yg kami pelajari selama ini lompat2 /gak berurutan dan itu membuat pengetahuan dasar kami lemah, Jazakallahu khair.

    1. Satrio Utomo says

      Bung Fitro…

      Terima kasih atas perhatiannya. Semoga Alloh memberikan ilmu yang bermanfaat pada kita semua.

      Wassalam
      Satrio

  6. agung says

    makasih om.. siap belajar

    1. Satrio Utomo says

      Siip juga Mas Agung…

      Semoga anda tidak bosan untuk membaca satu per satu..

      Hehehe.
      Wassalam,
      Satrio

      1. agung says

        yg tak baca ane tandain nanti om.. kalau udah di komen berarti udah dibaca.. hehehee

  7. tonytanzil84 says

    makasih banyak mas Tom, atas sharing-nya yang extra ordinary ^__^ kalau boleh apa bisa dibuatkan 1 artikel mengenai entry techinque ? saya ingin tahu bagaimana strategi yang paling maknyus buat entry, saya sering bingung jika mau masuk saham yang tembus resisten untuk konfirmasi pattern, misalnya ada yang ascending triangle, mending langsung hajar jika closing bagus atau tunggu support testing dulu di resistance yang skrg jadi support, atau belinya nyicil model average up ? makasih mas 🙂

    1. Satrio Utomo says

      Tony…

      Kalau cuman entry sederhana… kamu kan sudah pernah aku ajarin yang candlesticknya. Kalau winners pickersnya… kamu lihat artikel Sector Rotation itu deh. Atau.. kamu mampir ke kantor ajah. Aku soale sudah sempat bikin rumusan di Metastock untuk cari saham yang reversal kemarin.

      Wassalam
      Satrio

  8. babut says

    Banyak hal atau ilmu yang saya pelajari dari bapak. Kerendahan hati, tulus dan ikhlas salah satu diantaranya disamping sabar dan cermat dalam terjun didunia “persahaman”. Saya hanya bisa men-do’a-kan semoga bapak dan keluarga senantiasa diberi kesehatan, panjang umur dan rejeki yang melimpah. Semoga Allah SWT merahmati orang-orang yang telah berbagi ilmu bagi sesama dalam kebaikan. Amin. Tetap dan teruslah semangat!

    1. Satrio Utomo says

      Bung Budi…

      Terima kasih atas doa-doa anda. Semoga Alloh SWT memberikan barokah pada kita semua. Aamiin…

      Wassalam,
      Satrio

  9. nur says

    Banyak hal yang tidak kami ketahui sebagai pemula. Tulisan bapak sangat membantu. TerImakah Pak Satrio, Semoga sukses sidang Thesisnya dan sehat selalu.

    1. Satrio Utomo says

      Aamiin.. dikerjain aja belum.. hehehehehe

  10. Yulianto says

    Mantap pak, Saya ingin bertemu dgn bapak, kalo ada gathering tolong kabar ya pak, sy akan terbang langsung ketemui bapak, sy dari Banjarmasin pak, thanks

    1. Satrio Utomo says

      Bung Yulianto…

      Kami ada acara Market Outlook Monthly nanti tanggal 27 Juli 2013. Kalau Bung Yulianto berkenan hadir, silakan reservasi pada Ibu Nina di 021-23586878. Acara dimulai jam 9.00 pagi.

      Wassalam
      Satrio

  11. Giez says

    T-O-P-B-G-T … Alhamdulillah lewat sepupu Mas Tommy pencerahan buat kami –para penerjun bebas yg tak berpengalaman tapi nekat ngarep jadi the special One– ini akhirnya terwujudkan. Jujur, Mas saya nyemplung kedunia trading karena ajakan teman yang kena bujuk sales broker yg kasih jurus maut cuan dengan ngeliatin indikator MacD aja “Kalo panah merah motong panah biru dari bawah itu tandanya beli … bla bla bla” Singkatnya sih saya dulu ngerasa diboongin karena belom ‘ngeh’ tapi setelah mulai baca2 referensi dan banyak tulisan dan rujukan buku/internet akhirnya saya sadar orang itu gak salah… yang salah saya udah berani ‘nyemplung’ tanpa tau saya nyemplung kemana … Mudah2an tulisan2 Mas ini akan menjadi senter buat kami para ‘trader wannabe’s’ dalam mengarungi pekat dan gelapnya dunia saham Indonesia. Hanya Allah yang mampu membalas segala amal dan niat baik Mas dalam koleksi tulisan ini, saya hanya bisa bilang terima kasih yang setulus-tulusnya.

    1. Satrio Utomo says

      Terima kasih juga Mas Sugiarto… Semoga barokah buat kita semua…

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.