Half Time Report*

57

Selamat siang…

Nilai tukar dari Rupiah terhadap US Dollar, pada sesi pertama tadi Rupiah sempat mencapai titik tertinggi pada level Rp 10,243 sebelum siang ini kembali running pada level Rp 10,200.

Kabar bagusnya bagi kita di siang hari ini adalah: pelemahan Rupiah tersebut, ternyata tidak membuat pemodal asing surut dalam melakukan aksi beli. Pemodal asing tidak lagi melakukan posisi jual seperti kemarin, tapi pada hari ini, pemodal asing tetap dalam posisi beli. Hingga akhir sesi pertama ini, aliran dana asing di pasar reguler tercatat sebesar Rp 149,34 miliar. Jumlah ini lebih dari setengah tekanan jual yang terjadi kemarin, yang tercatat sebesar Rp 246,63 miliar. Pemodal asing terlihat tidak takut melakukan posisi beli, meski Rupiah terlihat terus melemah. Kondisi bursa regional yang terus bergerak naik, ditengarai sebagai penyebab dari terus masuknya dana asing itu.

Hingga akhir dari sesi pertama, IHSG sudah berhasil mencetak level tertinggi baru, diatas level 4740, level tertinggi minggu lalu. Penembusan ini, sudah cukup untuk memberi signal bahwa trend turun kemarin sempat terbentuk, sudah dipastikan batal. Jika mampu ditutup diatas level psikologis 4750, IHSG bakal memiliki potensi untuk kembali menguji kisaran resisten 4850 – 4880.

Rupiah yang terus melemah, memang membuat resiko menjadi tinggi. Akan tetapi, selama kita masih melihat potensi penguatan, posisi-posisi spekulatif tetap menarik untuk dilakukan. Pemodal sebaiknya melakukan positioning secara berhati-hati dan memberlakukan stoploss yang ketat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.