Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Double Top Kompleks (Complex Double Top)*

0 439

Selamat pagi…

Double Top Kompleks itu tidak ada dalam teori teknikal manapun. Saya mendapat ide ini hanya berbekal teori tentang Double Top yang dikombinasikan dengan teori Head and Shoulder Kompleks dari Bulkowsi (yang juga disebut oleh Edward dan Maggee dalam bukunya, Technical Analysis of Stock Trend)

Idenya sebenarnya berasal dari chart IHSG terakhir di bulan April 2015 ini:

150420 Complex Double Top

  • Terdapat double top dimana topnya itu lebih dari dua:  Top 1 (T1), Top 2 (T2) dan Top 3 (T3).
  • Akan tetapi.. pola ini bukanlah sebuah pola tripple top karena posisi dari midpoint yang kedua (m2 pada gambar) mengalami perbedaan harga yang sangat jauh dengan titik midpoint yang pertama (M1).
  • Double Top Kompleks ini sebenarnya terdiri dari dua buah double top (atau setidaknya yang satu merupakan ‘potensi’ double top): double top yang pertama adalah terdiri dari T1 – M1 – T2 (atau T3), dan double top yang kedua adalah terdiri dari T2 – M2 – T3.

Pola ini sebenarnya (setidaknya ‘seingat saya’) belum pernah saya temui sebelumnya.  Dan.. hingga posisi harga terakhir… Double top yang besar (T1-M1-T2 /T3) belum juga menembus mid point M1 sehingga belum ‘sah’ untuk bisa disebut sebagai double top.  Tapi.. kalau suport di 5350 ditembus.. nah.. itu berarti double top kedua resmi muncul.

Target Harga

Target harganya? Target harga dari double top kompleks ini adalah target harga masing-masing dari double top itu.  Dengan kata lain.. kalau kita lihat gambar diatas:

  • Target dari double top T2 – M2 – T3 adalah TP2 di level 5.350 – 5.375 (karena suport di 5.435 sudah tembus sehingga ini sudah resmi menjadi target dari double top

150420 Complex Double Top Target Pendek

  • Target dari (potensi) double top T1 – M1 – T2/T3 adalah di level 5.200.  Tapi ingat ya.. ini adalah target dari IHSG ‘jika’ suport di 5.350 ditembus! Kalau 5.350 belum ditembus.. ya ini belum double top lah.

150420 Complex Double Top Target Panjang

Jadi.. sebenarnya..  Kompleks Double Top ini adalah Double Top biasa.  Hanya ‘Top’-nya saja yang kebanyakan sehingga terdapat beberapa target dari masing-masing double top yang ada.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.