Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Double Top, Rectangle, Double Bottom: Ketika Tempat Menentukan Nama…*

0 580

Selamat pagi…

Rectangle itu adalah sebuah pola konsolidasi.

Rectangle itu bisa dikatakan sebagai rectangle itu sendiri, double top, triple top, double bottom, atau triple bottom, semua tergantung dari tempat dari rectangle tersebut berada (selain juga dari banyaknya persentuhan pergerakan harga dengan suport atau resisten dari rectangle tersebut).

Anda mungkin masih ingat tulisan saya tentang Penentuan Top dan Bottom dari Sebuah Pergerakan Harga.  Pada tulisan itu.. saya mengajak anda untuk melihat.. bahwa kalau top itu… letaknya diatas… sedangkan bottom.. itu letaknya dibawah.

150201 IHSG for Hi Lo Satu

150421 Posisi dari Rectangle

Menentukan bahwa sebuah rectangle itu adalah Double top, Double Bottom, Rectangle, Triple Bottom, atau Triple Top, kita juga harus melihat letak dari rectangle tersebut.

  • Kalau rectangle tersebut letaknya diatas.. maka kita bisa sebut sebagai double top atau tripple top, tergantung jumlah titik tertemuan antara pergerakan harga dengan suport atau resisten dari rectangle tersebut.  Kalau ketemunya hanya dua kali dengan resisten, maka disebut sebagai double top.  Kalau ketemunya dengan resisten adalah sebanyak 3 kali, berarti rectange tersebut bernama triple top.
  • Kalau rectangle tersebut letaknya di sisi tengah dari pergerakan harga, berarti pola tersebut dalah sebuah rectangle.
  • Kalau rectangle tersebut berada di sisi bawah dari pergerakan harga, berarti pola tersebut adalah pola double bottom atau triple bottom.

Eh… tapi ada pendapat yang lain juga.

  • Kalau rectangle tersebut membalikkan trend naik menjadi trend turun… maka rectangle terebut disebut dengan perkataan Top (entah itu double top atau triple top).
  • Kalau rectangle tersebut membalikkan trend turun menjadi trend naik … maka rectangle tesebut disebut dengan perkataan Bottom (entah itu double bottom atau triple bottom).

Cuman.. gini deh…

Perhatikan grafik pergerakan harga BMTR berikut ini:

150421 Rectangle BMTR

Buat saya sih.. keduanya adalah pola rectangle.  Akan tetapi.. bisa saja kita menyebut yang kiri adalah rectangle, karena rectangle tersebut berfungsi sebagai continuation pattern, sedangkan yang kanan adalah double top karena rectangle tersebut berfungsi sebagai pembalik arah dari trend naik menjadi trend turun.

Mana pilihan anda?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave A Reply

Your email address will not be published.