Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Rectangle Pattern (Pola Segi Empat)…*

0 518

Selamat pagi…

(Pengantar: waduh.. maaf.. saya tadi salah judul. Hehehe.  Judul yang benar adalah seperti yang ini.  Judul yang tadi nanti akan saya bahas sebentar lagi.  Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.)

Beberapa waktu yang lalu… kita sudah membahas mengenai Trend Mendatar atau Flat Range.

Kalau kita berbicara tentang pola pergerakan harga dalam analisis teknikal, trend mendatar ini kita sebut sebagai Rectangle Pattern atau Pola Kotak.

Rectangle Pattern atau Pola Kotak ini adalah suatu pola pergerakan harga, dimana harga bergerak pada kisaran tertentu selama periode tertentu juga.

Gambarnya kurang lebih seperti ini:

150421 Rectangle

Gambar tersebut adalah sebuah rectangle yang terjadi pada sebuah trend naik dimana harga datang dari bawah rectangle, kemudian berkonsolidasi didalam rectangle, sebelum mengalami penembusan resisten dan melanjutkan trend naiknya.

Rectangle pada trend turun, terjadi sebaliknya.

Implikasi pergerakan harganya… sama seperti yang kita jumpai dalam flat range: harga akan bergerak naik atau turun, sebesar lebar dari rectangle tersebut.

150326 Arah Penembusan Suport atau Resisten Flat Range

Rectangle ini… sering kali disebut sebagai continuation pattern karena arah pergerakan harga setelah pattern, akan melanjutkan arah pergerakan harga sebelum pattern.

Akan tetapi… kalau menurut pendapat saya:

kemana arah pergerakan harga setelah rectangle, tergantung arah penembusannya. Yang penting.. target harganya adalah selebar dari rectangle tersebut.

Sudut pandang ini yang membuat adanya pendapat, bahwa double top, tripple top, double bottom, dan tripple bottom, semua itu adalah variasi bentuk dari rectangle.  Bedanya hanya pada tempat dari pola pergerakan harga itu berlangsung.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*diclaimer ON

Leave A Reply

Your email address will not be published.