Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Mengenal Pola Candlestick Counter Attack Line…*

694

Selamat pagi…

Posisi penutupan IHSG pada tanggal 5 Juni 2015 kemarin, terlihat menunjukkan fenomena menarik.

150607 IHSG Counter Attack

Dibuka dengan gap turun, IHSG akhirnya ditutup naik tipis sebesar 4,75 poin.

Kalau kita merujuk dengan pola candlestick yang ada… pergerakan IHSG tersebut mirip dengan apa yang biasa kita sebut sebagai pola bullish counter attack line.

150607 Pola Candlestick Counter Attack Line

Counter attack line adalah sebuah pola candlestick yang terbentuk dimana posisi penutupan pada candlestik terakhir adalah sama dengan posisi penutupan candlestick sebelumnya dengan badan atau body dari kedua candlestick tersebut memiliki arah yang berlawanan.

Disebut sebagai ‘Bullish’ Counter Attack Line karena pola counter attack yang terjadi membalikkan trend turun yang tengah terjadi, berubah menjadi trend naik.

150607 Pola Candlestick Counter Attack Line - Penjelasan

Dalam kasus IHSG kemarin… tentu saja kondisinya sedikit berbeda.  Karena pada IHSG close yang persis sama boleh dikatakan hampir tidak pernah terjadi (karena IHSG adalah sebuah indeks yang terdiri dari hampir seluruh saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia), maka selisih 4,75 poin yang ada… dianggap sudah cukup kecil untuk bisa dibilang ‘sama’.

Pertanyaan berikutnya adalah: Apakah pola counter attack line tersebut mampu memunculkan trend naik yang baru pada IHSG ???

Itu yang perlu kita lihat pada hari Senin, 8 Juni 2015 besok.  Masalahnya… Posisi penutupan IHSG kemarin, kan hanya terjadi karena harga dari saham-saham big caps ditarik naik pada saat sesi perdagangan pre-closing.  Artinya: harga penutupannya sebenarnya tidak didukung oleh volume transaksi selama perdagangan… hanya harga penutupan ‘buatan’ atau artificial.  Jadi… kalau ternyata itu bukan bullish counter attack line… saya juga tidak heran karena proses pembentukannya aja dipaksakan.

So… dengan adanya bullish counter attack line pada IHSG… menunjukkan akan adanya ‘harapan’ bahwa trend turun IHSG bakal segera berakhir.  Cuman ya gitu.. lihat DJI Jumat kemarin masih terkoreksi… sepertinya ini bakalan jadi ‘harapan palsu’… hehehe.  Kita lihat saja hari Senin nanti.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.