Keep Cool…*

78

Selamat pagi…

Hantaman dari Krisis Yunani… tetap saja terasa di Bursa Efek Indonesia.    IHSG dibuka dibawah suport pertama di 4920 dan hingga saat ini bertahan dibawah level psikologis 4900.

Beberapa hal yang menjadi catatan saya adalah sebagai berikut:

  • Koreksi pada IHSG tidak sedalam koreksi yang terjadi pada indeks dari Bursa yang lain di kawasan Asia.  Memang kita masih kalah dari Malaysia yang hanya turun 0,63 persen.  Tapi koreksi IHSG masih dibawah 1%… jauh dibawah koreksi yang terjadi pada indeks-indeks lain yang koreksinya di sekitar 1,7 persen.
  • Minimnya koreksi ini… sepertinya karena posisi jual dari pemodal asing sudah terlihat minim.  Minim aksi jual pemodal asing.  Hingga jam 9.40 ini.. posisi asing ‘baru saja net sell’ dengan posisi jual hanya sebesar Rp 1,13 M.
  • Akan tetapi… dengan posisi IHSG yang masih dibawah suport… berarti IHSG memang sedang membentuk trend turun yang baru.
  • Memang…. logikanya… kalau IMF kemudian menunda tagihannya kepada Yunani yang jatuh akhir bulan ini… menunggu hingga setelah referendum … maka Yunani akan terhindar dari default.  Tapi.. apa ya bisa gitu? Saya juga tidak tahu.
  • Rupiah terlihat kuat dibawah 13400… bahkan dibawah 13.350.  Rupiah masih kuat.  Krisis Yunani tidak memberikan pengaruh yang terlalu jelek terhadap Rupiah.. setidaknya hingga saat ini.

So… tadi pagi… saya memang mengurangi posisi. Posisi saya yang tadi pagi masih sebesar 50%-an… siang ini hanya tinggal sekitar 10% – 25%.  Akan tetapi… karena IHSG masih cukup jauh diatas kisaran 4850 – 4825… berarti saya masih belum berkeinginan untuk belanja.  Saya masih wait and see.   Belum kepingin beli.

Kalau IMF berbaik hati… kalau kreditor berbaik hati.. maka Yunani akan terhindar dari default.  Akan tetapi… apakah krisis seperti ini… bisa selesai dalam satu hari saja?  Hm… saya sih tidak terlalu yakin.

Pemodal sebaiknya tetap tenang.  Hanya ketenangan yang membuat anda obyektif dan rasional.

Ini semua hanya cobaan Ramadhan.  Semua harus dihadapi dengan tenang dan ikhlas. 😀

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.