PHK: Jika Anda ‘Memaksakan Diri’ untuk Masuk Pasar Modal …*

214

Selamat pagi…

Kondisi ekonomi kita… kondisi ekonomi Indonesia, memang sedang tidak bagus.  Memang.. pertumbuhan ekonomi memang masih positif.  Akan tetapi… perlambatan pertumbuhan ekonomi… sepertinya terlihat masih belum akan berakhir.

Pemerintah juga tidak terlihat memiliki solusi dalam menghadapi situasi yang ada.  Pemerintah memang terlihat melakukan usaha… tapi hingga kini… belum terlihat adanya hasil yang jelas.

Satu hal yang kemudian terlihat adalah dimana-mana… terlihat banyak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).  Dengan berbagai alasan, perusahaan kemudian mengurangi jumlah karyawan.  Biasanya… tentu dengan pesangon.

Satu hal yang kemudian menarik adalah: sebagian dari orang itu, kemudian memilih pasar modal sebagai solusi.  Sebagian orang kemudian berpikir: trading saham adalah sumber dari kekayaan cepat,  orang bisa kaya mendadak di bursa saham,  main saham bisa membuat kita mendapatkan duit yang cukup untuk hidup setiap bulan, dan lain sebagainya.

Jika anda adalah seorang korban PHK, dan kemudian ingin menjadikan trading saham sebagai solusi untuk mendapatkan penghasilan bulanan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Trading atau Investasi di Bursa Efek Indonesia:

  • Jika anda memiliki dana, butuh waktu sekurang-kurangnya dua minggu untuk membuka akun.  Membuka akun, itu butuh sekurang-kurangnya 1-2 minggu.  Untuk mempelajari cara serta konsep beli jual, anda mungkin butuh 1 minggu.  Untuk mempelajari ‘cara untuk memperoleh profit’, minimal butuh 3 – 6 bulan.  Tidak ada ‘uang cepat’ di pasar modal.  Semua butuh proses yang panjang juga.
  • Jika anda ingin mendapatkan profit yang besar dalam waktu singkat, maka yang harus anda lakukan adalah trading, bukan investasi.  Trading itu berbeda dengan investasi.  Investasi itu berbeda dengan trading.  Kalau anda tidak paham akan perbedaan konsep ini, pasar modal akan bulat-bulat menelan anda.  Anda bakal mengalami kegagalan dalam waktu yang sangat singkat.
  • Pengharapan atas profit di pasar modal, mungkin tidak sebesar yang anda perkirakan
    • Leverage di Pasar Saham, hanya 1:2 atau maksimal 1:4.  Di pasar modal, uang Rp 10 juta, hanya bisa beli saham senilai maksimal Rp 40 juta.  Yang banyak malah hanya Rp 20 juta.  Itupun, sangat tidak disarankan bagi pemula karena mereka yang menggunakan leverage atau margin, biasanya adalah mereka yang sudah berpengalaman.  Pemula bisa kehilangan uang dalam waktu singkat jika semenjak awal sudah bermain dalam kapasitas maksimal.
    • Mencari untung 10% untuk setiap posisi, itu bukan tidak mungkin, tapi untung 10% per bulan secara stabil, itu tidak mungkin dilakukan oleh seorang pemula.  Harga saham per hari, bisa bergerak naik atau turun maksimal lebih dari 20% ketika harga mencapai level autorejection.  Akan tetapi, saham yang bergerak 10% per hari, adalah sangat jarang, hanya ada 1-2 saham untuk setiap harinya.   Disisi lain, memperoleh keuntungan 10% per bulan dari total dana yang diinvestasikan, itu bukannya tidak mungkin.  Secara teoritis, dengan keuntungan 1% per hari, orang bisa memperoleh keuntungan lebih dari 10% untuk setiap bulannya.  Akan tetapi, keuntungan 10% yang konsisten untuk setiap bulannya, itu sering kali hanya dilakukan oleh seseorang yang sudah mahir.   Belum pernah saya melihat orang bisa memahami apa arti kata ‘disiplin’ dalam 3-6 bulan bertransaksi.  Makna ‘disiplin’ itu… sering kali baru dipahami orang setelah 1 – 2 tahun bertransaksi.
  • Pasar Modal memerlukan modal yang cukup besar bagi kita untuk bisa hidup.  Ini .. terkait dengan pertanyaan: berapa sih hasil yang anda harapkan dari trading saham?  Return yang cukup rasional bagi seorang pemula, sering kali hanya sekitar 1% – 3% per bulan secara konsisten.  Katakankah 3%.  Berarti.. kalau kita ingin mendapatkan Rp 10 juta per bulan, kita butuh modal sekitar Rp 150 juta – Rp 200 juta.  Kalau anda hanya punya uang Rp 5 juta, jangan berharap bisa mendapatkan Rp 10 juta dari ‘bermain saham’.
  • Kondisi Pasar Modal sedang bearish, cari uang juga sulit.   Anda kena PHK karena kondisi ekonomi buruk.  Kondisi ekonomi buruk, itu berarti pasar modal juga bearish.  Cari uang dipasar modal juga sedang lebih sulit dibandingkan dengan biasanya.  Sulit bagi anda untuk belajar apabila anda adalah seorang pemula.
  • Di Pasar Modal, orang berlomba untuk mengambil uang anda.  Di pasar modal, banyak orang menjual ‘tiket untuk menjadi kaya’.  Termasuk saya juga, saya juga membuka pendaftaran bagi anda yang ingin mengikuti workshop tentang pasar modal.  Ada orang lain yang juga ‘menjual rekomendasi’ atau juga ‘trading tools’.  Belum lagi… untuk bertransaksi… anda juga harus mengeluarkan fee.  Belum kalau anda kemudian nyangkut, rugi.  Belum lagi kalau anda kemudian terbelit oleh aksi saham gorengan.  Anda harus mengkalkulasi semua itu dalam biaya anda dalam bertransaksi.
  • Di Pasar Modal… ada yang namanya ‘beginners luck’.  Gak tau kalau sekarang.  Tapi… dulu… teman saya pernah mengamati, bahwa beberapa nasabah newbie saya, cenderung memiliki 3 posisi pertama yang untung.  Beli saham A.. untung… Beli saham B… untung… beli saham C .. untung.  Posisi keempat biasanya lebih sering kalah.  Itu yang membuat teman saya itu, selalu mendekati saya ketika saya memiliki klien baru. Tanya: beli apa dia.. terus teman saya ikut.. 3 kali ikut, setelah itu sudah.  Nunggu saya dapet klien baru lagi.  Hehehe.. lucu memang.. tapi itu dulu.  Saya juga tidak terlalu memperhatikan apakah itu juga benar.  Tapi intinya: di pasar modal, kalau untung didapat, itu belum tentu anda pintar.  Kadang kala, untung juga bisa terjadi ketika anda beruntung.

So…  Kalau anda kena PHK… dan mendapatkan banyak sekali pesangon, pasar modal belum tentu bisa menjadi solusi bagi anda.  Pasar Modal malah bisa menjadi masalah jika anda gagal untuk mendapatkan pendekatan yang benar.

Well.. tapi setidaknya… kalau anda nyangkut di saham… 1-2 bulan anda salah berinvestasi.. paling anda hanya akan kemakan ekuitas (mengalami kerugian) anda sekitar 20% – 50%.  Kalau anda nyangkut di forex.  Biasanya hanya butuh 2-3 minggu untuk menyapu bersih uang yang anda punya.

Semoga anda tidak perlu mengalami hal ini ketika anda kena PHK.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.