Semoga #ProdukBaru #pasarmodal @Jokowi Bukan Sekedar #ProdukRecycle …*

27

Selamat petang…

Besok… Akan ada Upacara Bendera versi Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia.  Bunyi tepatnya tidak seperti itu sih… tapi karena diadakan jam 7.00 hingga selesai (sekitar lebih dari jam 9.00 pagi sepertinya) di Gedung Bursa Efek Indonesia dengan dihadiri oleh Jokowi… maka boleh kita sebut kalau acara tersebut adalah acara Upacara Bendera Pasar Modal.  Apalagi ini bulan Agustus.  hehehe.

Di acara ini, Jokowi rencananya akan memperkenalkan ‘produk baru’

 

 

 

Apa iya? Hehehe… sekali lagi saya bilang: saya juga tidak tau.

Hal lain yang saya harapkan ikut diumumkan… sebenarnya adalah masalah fraksi harga.  Rumor-rumor yang beredar, fraksi harga memang akan kembali ke fraksi lama.. paling tidak sampai harga Rp 2000.  Biar spekulan lokal bisa bisa lebih bersemangat dalam menggoreng harga.  Tapi ini sepertinya agak terlalu jauh dari tema ‘kedatangan Presiden’.  Masa sih… Presiden datang ke Bursa Efek Indonesia hanya untuk hal kecil seperti ini.  Masa sih Presiden datang ke Bursa hanya sekedar untuk mengumumkan produk yang sudah recycle?

Satu hal yang menjadi perhatian saya adalah… pada pertanyaan utama yang selalu terngiang:

masihkah ‘Sihir Jokowi’ memiliki ‘aji’ atau ‘tuah’ dalam menggerakkan IHSG ??? 

Terus terang… Jokowi sudah banyak mengecewakan Pasar dalam setengah tahun terakhir.  Dari masalah kebijakan BBM yang amburadul, pertumbuhan ekonomi yang tidak kunjung terlihat, menteri-menteri gak jelas yang tidak kunjung disingkirkan melalui reshuffle, sampai pernyataan-pernyataan dodol dari para Menteri yang sering sekali menghancurkan harga.  Intinya: saya mau melihat apakah ditengah sentimen bearish yang ada… IHSG besok masih bisa bergerak naik.

Kalau besok Jokowi ke Bursa dan IHSG tidak bergerak naik, berarti ‘Sihir Jokowi’ memang sudah pudar

Kalau Sihir Jokowi pudar… berarti kita memang harus bersiap terhadap munculnya bearish market yang baru… yang dipicu oleh ketidakpercayaan pasar kepada Pemerintah.  IHSG bisa saja tidak turun terlalu dalam.  Tapi.. perdagangan akan berlangsung sepi ditengah market yang tidak punya semangat.  Hadeeeh…  Semoga saja tidak.

So…. Kita lihat saja besok seperti apa.  Saya gak mau terlalu tinggi dalam berkhayal.  Takut jatuhnya sakit.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

**sebagai disclaimer tambahan: saya juga sedang nyangkut saham WIKA dalam jumlah yang relatif tidak banyak dengan rata-rata beli di 269x.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.