Ketika #Rupiah Tersandera…*

81

Selamat sore…

Loh… Pak Tommy kok cut loss kemarin? Tadi malam DJI naik 241 poin lagi. Apa gak salah tuh? Jadi trader kok cut loss terus. Kapan untungnya?

Hehehe….

Sampai sekarang pun… pasti masih banyak orang yang bicara seperti itu.

Memang sih… kalau anda jual pagi tadi… anda bisa mendapatkan harga yang lebih bagus. Tapi…. Kalau anda melihat posisi harga terakhir sekarang. Apakah anda tidak berharap sudah cut loss kemarin sore?

Ada beberapa alasan mengapa saya cut loss kemarin sore.

Nah …. tadi pagi… Wakil Chairman The Fed bilang kalau kenaikan suku bunga The Fed bakalan dimundurkan.

Gile bener… apa ndak bagus banget itu? Sudah semuanya nunggu The Fed… The Fednya mundurin penurunan suku bunga.  Ketidakpastian yang ada… benar-benar luar biasa!!!  Terlebih lagi… karena tadi pagi ada berita devaluasi Yuan. Sudah jatuh.. ditimpa tangga.. ditimbun awan yang sedang runtuh!!!

Dari situ.. kemudian Rupiah terus tertekan. Rupiah tertekan… IHSG terus dihajar.

Koreksi hari ini…. sebenarnya adalah signal kuat bahwa Tim Ekonomi kita harus segera diganti.

Problemnya: Mana yang lebih mudah untuk diganti? Tim Ekonomi? Atau Presidennya?

Kalau melihat perkembangan beberapa bulan terakhir… mengganti Tim Ekonomi kok terkesan lebih sulit dibandingkan dengan mengganti Presiden.

Emang begitu ya?

Btw… net sell asing sebesar itu.. sebenarnya relatif kecil. Biasanya net sell asing Rp 600 miliar per hari pun IHSG masih bisa naik kalau Jamsostek jagain market.  Problemnya.. setelah Jamsostek merger dengan BPJS… mereka kok jadi mlempem begini? Apa karena sedang banyak klaim PHK? Atau karena mereka terlalu riweh ngurusi tugas-tugas pelayanan (yang dulunya kewajiban dari Askes) sehingga mereka mengurangi perhatian atas investasinya di market? Apa memang Askes harus dipisahkan lagi dari BPJS biar IHSGnya bisa naik lagi? Hehehe.

So… kalau anda sudah exit posisi tadi pagi… saya ucapkan selamat karena anda exit posisi (melakukan posisi jual) lebih tinggi daripada ketika saya exit.  Tapi… kalau anda beli tadi pagi dengan hanya melihat DJI naik 241 poin… hehehe… saya ucapkan ‘SELAMAT!!!’ Hehehe.  Saya sih sedang mencari kesempatan untuk baibek.

Market kita memang sedang tersandera.  Tersandera oleh BI yang belum mau menurunkan suku bunga ketika ada kesempatan, tersandera oleh Tim Ekonomi yang jelek, tersandera oleh Jamsostek yang ruwet oleh urusan mereka sendiri, dan juga tersandera oleh Presiden yang tersandera oleh orang yang selalu menganggap Presiden hanya Petugas Partai,

Gara-gara ‘sandera-sanderaan’ ini… IHSG bikin new low.

Sampai kapan?

Happy trading…. semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.