Trading for A Living di @Idx_BEI : Berapa Modal yang Diperlukan ???

1,068

Selamat pagi…

Berapa ya kira-kira modal atau jumlah dana yang diperlukan bagi seseorang untuk melakukan Trading for A Living di Bursa Efek Indonesia ???

Pertama-tama … mari kita kembali ke ilustrasi yang saya gunakan dalam tulisan saya sebelumnya.

Pak Tommy … saya kan baru mencoba untuk Trading for A Living (hidup dengan mendapatkan pendapatan dari trading saham).  Untuk itu, saya diberikan modal sebesar Rp 100 juta oleh orang tua.  Pada saat ini, saya memiliki posisi seperti ini: 50% untuk investasi, 50% untuk trading (Rp 50 juta untuk investasi, Rp 50 juta untuk trading).  Posisi saya sekarang… agak sulit karena uang saya untuk trading, terlihat mulai saya makan untuk biasaya hidup.   Memang sulit ya pak Trading for A Living itu? Berapa sih profit yang wajar untuk diharapkan dari Trading for A Living dengan beli jual saham? Berapa sih modal awal orang untuk melakukan Trading for A Living ??  Apa saja sih biaya yang harus dikeluarkan agar seseorang bisa mencapai taraf Trading for A Living???

Sebelum menjawab… saya melihat postur dari penanya itu:  Seorang anak muda, usia belum lewat 25 tahun, hpnya smartphone.

Kurang lebih … bentuk manusianya seperti ini…

150830 Ed

Atau seperti ini…

150830 Kang Bebek

Oh ya… sebelumnya… saya kasi informasi tambahan deh.

Trading saham … kalau pelakunya mahasiswa … itu biasanya adalah mahasiswa yang cukup berduit.  Biasanya mereka dibawain mobil sama orang tuanya.  Dan biasanya… mereka cenderung tidak kepingin jomblo.  Eh… atau malah ‘jomblo akut yang gak tau cara buang duit kecuali maen saham’ ya? Ah… kita lihat nanti saja deh.

Mereka ini bukan mahasiswa ‘jenis’ seperti saya dulu: beli rokok ketengan, makan di warteg, kemana mana naik angkutan umum, ditolak sama semua cewek yang didekati karena dianggap madesu (masa depan suram), dan lain sebagainya.

Tapi intinya: mereka ini… memiliki gaya hidup yang tidak murah.

Taksiran awal: Tiap bulan… mereka ini membutuhkan minimal Rp 10 juta deh…. setidaknya untuk bisa hidup dalam standar minimal.  Ini untuk makan, nonton, ngapel, ke bengkel untuk modifikasi mobil, dan lain sebagainya.

Sekarang… Hitung ‘Required Rate of Return’ mereka.  Kita hitung prosentase profit minimal yang mereka harus dapatkan.

  • Karena hanya 50% duit yang digunakan untuk trading… maka dana trading yang tersedia adalah sebesar Rp 50 juta.
  • Dengan kebutuhan sebesar Rp 10 juta per bulan… berarti trader ini harus bisa mendapatkan 20% profit untuk setiap bulannya!!!

Gile…. Kalau yang sudah ahli… profit 20% sebulan secara konsisten… mungkin masih bisa dicari.  Itupun tidak gampang.  Tapi… kalau anda seorang pemodal pemula….  apakah model Trading for A Living bisa dikatakan rasional?

Tentu saja tidak!

Lantas… berapa jumlah modal yang diperlukan bagi seseorang untuk melakukan Trading for A Living di Bursa Efek Indonesia?

Bagi seorang trader pemula…. pengharapan profit yang rasional adalah sebesar 3% – 5% per bulan, secara konsisten.

Jika kebutuhan bulanan anda adalah sebesar Rp 10 juta… dan target profit anda hanya 5% per bulan … maka modal yang anda butuhkan adalah sebesar Rp 200 juta !

Jika kebutuhan bulanan anda adalah sebesar Rp 10 juta… dan target profit anda hanya 3% per bulan … maka modal yang anda butuhkan adalah sebesar Rp 333 juta !!!

Lho Pak Tommy … berarti trading itu ternyata tidak murah ya? Trading for A Living itu butuh modal yang tidak sedikit.  Bukan cuman buka account yang besarnya hanya Rp 5 juta itu???

Ya jelas tidak lah. Buka account Rp 5 juta itu kan hanya untuk promosi.  Dengan account sebesar itu… anda hanya bisa belajar mencet tombol beli atau tombol jual.  Untuk Trading for A Living… butuh dana yang jauh lebih besar lagi.

Eh… sebentar… tapi itu bukan Total Damage loh!  Maksudnya… dalam Trading for A Living … anda juga harus bisa menghitung berapa total biaya yang harus anda keluarkan untuk melakukan Trading for A Living … Berapa besar jumlahnya??? Nanti kita pelajari pada tulisan saya berikut.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.