Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Tetap Volatile Menjelang Keputusan Suku Bunga The Fed…

185

Selamat pagi…

Data tenaga kerja Amerika yang direlease tadi malam… sebenarnya sangat bagus.  Jumlah lapangan kerja yang ada di Amerika bisa mencapai titik tertinggi yang baru, diatas titik tertinggi yang pernah dicapai ketika periode 2007 – 2008, ketika ekonomi Amerika sedang berada di puncak-puncaknya.  Akan tetapi… data positif ini ternyata malah direaksi dengan buruk, karena memperbesar kemungkinan bahwa The Fed akan menaikkan Fed Rate pada FOMC tanggal 16-17 September nanti.  Indeks Dow Jones Industrial hari Jumat kemarin turun 272,38 poin (-1,66 persen).

Haruskah kita takut? Haruskah koreksi ini membuat kita stress? Haruskah koreksi ini membuat akhir minggu kita ini menjadi buruk?

Tentu saja tidak.  Kita lihat hari Senin saja.

Candle dari DJI memang buruk karena terlihat munculnya candlestick evening star.  Akan tetapi… apakah koreksi ini bakal membuat market kita crash di hari Senin nanti? Kita lihat hari Senin saja….

150905 Candle DJI

Beberapa fakta yang perlu kita perhatikan adalah:

  • Kondisi market Senin lebih ditentukan oleh pergerakan regional Senin.
  • NYSE Senin malam libur
  • Senin tidak ada data China yang penting… malah Selasa ada data trade balance China yang kemungkinan bakal direspon positif karena menunjukkan bahwa trade balance China akan naik sekitar 10% dibandingkan bulan lalu.

IHSG?  Penutupan hari Jumat lalu sebenarnya masih aman karena diatas suport pertama di 4,404.  Tapi.. kalaupun ternyata turun menembus suport tersebut … dengan bottom terakhir ada di ret 31.8% terus rebound… maka kalau 4.350 ditembus berarti koreksi ke 4.265 – 4.310 adalah masih wajar.

150905 Retracement IHSG

So… saya sih santai karena posisi saya hanya tinggal sekitar 10% – 15% sehingga untuk Senin… pertanyaan saya adalah ‘ini mau belanja atau tidak?’.    Kapan mau belanja.. dimana mau belanja… saham apa yang harus dibeli.

Market memang masih akan terus volatile menjelang FOMC 16 – 17 September nanti.

Santai sajalah… Kita lihat hari Senin saja….

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan cara-cara yang kami bahas pada ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.