Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Waktu Perdagangan di Bursa Efek Indonesia @idx_bei

2 8,397

Selamat pagi…

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia tidak berlangsung selama 24 jam penuh.  Perdagangan di lantai Bursa Efek Indonesia memiliki waktu perdagangan yang tertentu.  Sesuai dengan Jam Perdagangan yang ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia, perdagangan efek di lantai Bursa Efek Indonesia berlangsung dalam 6 macam sesi perdagangan.   Berikut adalah sesi perdagangan yang ada:

I.  Perdagangan Pra-Pembukaan

Perdagangan Pra-Pembukaan adalah waktu perdagangan dimana para pemodal, baik investor maupun trader, bisa memasukkan order beli dan order jual melalui online trading yang mereka miliki untuk bisa diikutsertakan pada sesi perdagangan berikutnya.  Kapan seorang pemodal bisa memasukkan order ke dalam online trading yang dimilikinya ini, sangat bervariasi tergantung kemampuan dari online trading yang dimiliki oleh setiap perusahaan sekuritas.  Sejauh pengetahuan saya, beberapa sekuritas memang mengijinkan nasabahnya untuk memasukkan order semenjak sore hari sebelum hari perdagangan, segera setelah perdagangan di hari itu selesai dilakukan.  Misalnya: order untuk Selasa pagi.. bisa dimasukkan pada hari Senin sore setelah jam 16.15 … order untuk Senin pagi bisa dimasukkan pada hari Jumat sores setelah jam 16.15 … dan seterusnya.  Akan tetapi.. ada juga sekuritas yang membatasi bahwa order untuk hari itu.. hanya bisa dimasukkan pagi hari setelah jam tertentu.

Semua order yang dimasukkan oleh nasabah, akan masuk ke server online trading dari perusahaan sekuritas.  Order ini, kemudian pada jam 8.45 pagi .. ‘ditembakkan’ atau ‘dikirim’ ke server BEI dari server perusahaan sekuritas.

Sebagian dari saham tersebut, akan mengikuti proses pembentukan harga pada ‘Opening Session’ … sisanya akan langsung dikirimkan pada awal perdagangan di pasar reguler.

II.  Perdagangan Pembukaan (Opening Session)

Opening session adalah proses pembentukan harga pembukaan pada sebagian saham, yang dilakukan sebelum jam perdagangan reguler dibuka.

Opening Session ini dilakukan pada jam 8.55 atau 5 menit sebelum perdagangan reguler dilakukan.

Tidak semua saham turut serta dalam proses Opening Session ini.  Daftar dari saham-saham yang mengikuti opening session ini, bisa kita lihat pada website IDX pada link berikut ini.

Harga pembukaan ini dibentuk berdasarkan harga terbaik yang bisa menimbulkan transaksi terbanyak dari order yang dikirimkan oleh perusahaan sekuritas.

Pembentukan harga ini untuk menentukan harga pembukaan dari saham-saham tersebut, disamping juga untuk menentukan posisi pembukaan dari IHSG.

III.  Perdagangan Sesi Utama : Perdagangan pada Pasar Reguler

Perdagangan pada pasar reguler adalah apa yang sering kita sebut sebagai waktu normal dalam melakukan perdagangan.  Pada perdagangan di waktu ini perdagangan dilakukan secara countinuos auction dimana pembeli dan penjual melakukan transaksi dalam prinsip first come – first served.  Waktu dilakukannya perdagangan adalah sebagai berikut:

  • Hari Senin – Kamis
    • Sesi Pertama : 9.00 – 12.00
    • Sesi Kedua : 13.30 – 15.49.59
  • Hari Jumat
    • Sesi Pertama : 9.00 – 11.30
    • Sesi Kedua : 14.00 – 15.49.59

IV.  Perdagangan Pra-Penutupan (Pre-Closing Session)

Pada jam 15.49.59 … perdagangan reguler di Bursa Efek Indonesia dihentikan untuk memasuki masa Pra – Penutupan (Pre Closing Session).  Pada pre-closing session ini, perdagangan terhenti, tapi pemodal tetap bisa memasukkan order melalui online trading untuk mengikuti pembentukan harga penutupan.  Harga penutupan akan ditetapkan berdasarkan harga yang mengakomodasi jumlah transaksi terbanyak.  Proses ini sama dengan yang dilakukan ketika sesi pembukaan, yang dilakukan untuk menentukan harga pembukaan.  Bedanya, pada closing pre-closing session ini dilakukan pada semua saham pada saat yang bersamaan.

V.  Perdagangan Penutupan (Closing Session)

Sesi penutupan adalah saat dimana ditentukan atau terjadi pembentukan atas harga penutupan untuk perdagangan hari itu.  Harga penutupan ini ditentukan berdasarkan seluruh order terbuka (order yang belum menjadi transaksi) yang masuk, baik selama perdagangan reguler, maupun ketika saat perdagangan Pra-Penutupan.  Harga dibentuk berdasarkah harga yang memiliki volume transaksi terbanyak berdasarkan order terbuka yang masuk.  Harga penutupan ini ditentukan untuk melakukan penghitungan pada posisi penutupan IHSG.

Pada sesi ini, ditentukan harga penutupan dari setiap saham dan juga IHSG.

IV.  Perdagangan Pasca Sesi Penutupan

Harga penutupan terbentuk ketika Sesi Penutupan.  Akan tetapi, transaksi perdagangan saham tidak berhenti disitu.  Bursa Efek Indonesia masih memberikan kesempatan bagi pelaku pasar untuk melakukan transaksi pada sesi Perdagangan Pasca Penutupan.  Sesi perdagangan ini berlangsung 10 menit, mulai pukul 16.05 hingga 16.15.  Pada sesi perdagangan ini, pelaku pasar hanya bisa memasukkan order (baik order beli maupun order jual) hanya pada satu harga, yaitu harga penutupan.

Perlu dipahami bahwa transaksi hanya terjadi apabila terdapat order beli atau order jual pada harga yang sama. Itu sebabnya, order yang dimasukkan pada perdagangan pasca sesi penutupan ini belum tentu terjadi transaksi.

Order tidak akan menjadi transaksi apabila:

  • Jika kita melakukan order beli ketika posisi bid offer berada pada posisi sisa beli, atau
  • Jika kita melakukan order jual ketika posisi bid offer berada pada posisi sisa jual.

Transaksi hanya bisa terjadi apabila:

  • Jika kita melakukan order beli ketika posisi bid offer berada pada posisi sisa jual, atau
  • Jika kita melakukan order jual ketika posisi bid offer berada pada posisi sisa beli.

Demikian sekilas mengenai waktu perdagangan di Bursa Efek Indonesia…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan cara-cara yang kami bahas pada ulasan ini.  Terima kasih.

 

2 Comments
  1. haji says

    WIB, WITA??
    Waktunya ngikutin yg +7 ato yg +8 ya?
    Sama kaya jam jakarta, surabaya ya?

    1. rencanatrading says

      Pak Haji…

      Jam perdagangan kita pake WIB (+7).

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.