Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Trading For A Living @Idx_BEI : Apakah Anda Punya Waktu Luang ? *

698

Selamat pagi…

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang yang tertarik untuk melakukan Trading For A Living, hidup dengan mengandalkan pendapatan dari profit transaksi di pasar modal Indonesia, adalah sebagai berikut:

Pak Tommy … saya itu seorang pegawai.  Sedangkan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia itu berlangsung mulai jam 9.00 pagi … hingga jam 16.00 sore.  Mungkinkah saya melakukan Trading for A Living di Bursa Efek Indonesia?  Berapa sih sebenarnya waktu yang harus kita luangkan setiap harinya untuk bisa melakukan Trading For A Living ???

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia memang dilakukan sejak jam 9.00 – 16.00.  Nggak segitu juga sih karena bisa lebih. Perdagangan dari Jam 9.00 – 16.00 itu hanya perdagangan saham pada sesi perdagangan reguler.  Masih ada sesi perdagangan yang lain sehingga pada dasarnya, perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia bisa dilakukan (atau dengan kata lain: order di server Bursa Efek Indonesia) bisa dimasukkan mulai jam 8.45 hingga jam 16.15.  Akan tetapi… itu tidak berarti seorang trader harus melototin online trading platformnya secara penuh pada waktu jam perdagangan tersebut.

Seorang trader hanya perlu melihat kondisi pasar pada jam-jam tertentu untuk mengatur posisi, mengatur strategi, memasukkan order beli serta order jual.

Kapankah waktu terbaik untuk melakukan hal itu???

Salah satu kemudahan dalam online trading adalah kita bisa memasukkan order dimana saja, kapan saja, selama 24 jam penuh.  Meskipun demikian… sesuai dengan pengalaman saya… ada saat-saat tertentu yang merupakan saat terbaik untuk melihat market, melakukan strategi, dan memasukkan order beli atau order jual.  Menurut saya… waktu itu adalah sebagai berikut.

I.  Pukul 15.00 – 15.49.49

Trading itu adalah permainan strategi.  Keuntungan terbesar dalam trading, bukanlah melalui pergerakan harga selama waktu perdagangan terjadi, tapi malah pada malam hari, ketika harga tidak bergerak, ketika bursa global (baca: Bursa New York dan Bursa Eropa) melakukan perdagangan.  Tentu saja… ini bukan karena saham kita diperdagangkan di bursa-bursa tersebut, tapi karena pengaruh dari pergerakan bursa tersebut terhadap harga pembukaan di Bursa Efek Indonesia.  Jika indeks Dow Jones Industrial (yang merupakan salah satu indeks utama di Bursa New York) naik 2% lebih misalnya, harga pembukaan untuk saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia bisa langsung mengalami lompatan pergerakan naik yang cukup besar.  Itu sebabnya, saat terbaik untuk melakukan posisi beli atau posisi jual sebenarnya ada di kisaran waktu ini 15.00 hingga 15.49.49.  Pemodal bisa melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan perkiraan atas pergerakan bursa global di malam harinya.  Jika posisinya benar, pemodal bisa menikmati keuntungan dari lompatan harga yang mungkin atau bisa saja terjadi sebagai akibat dari pergerakan bursa global.

Tapi ingat… potensi keuntugan yang besar, tentu saja menghadapi potensi kerugian yang besar pula.  Kalau misalnya niy… prediksi kita salah… sehingga posisi kita salah… pergerakan dari bursa global ini menghantam portfolio kita dengan tanpa ampun.

Jadi… meski waktu ini … menurut saya .. adalah waktu terbaik untuk melakukan posisi beli atau posisi jual … tapi… pada kisaran waktu ini.. potensi keuntungan yang besar.. juga dibarengi dengan potensi resiko yang besar pula.

#cacing2naga2 … bukankah itu yang kita cari ketika kita trading?

II.  Pukul 18.00 – 08.00

Seorang trader melakukan posisi beli atau posisi jual dengan berdasarkan analisis teknikal yang dilakukannya.  Analisis teknikal membutuhkan data, yang sering kali baru tersedia setelah jam 16.30.  Setelah data keluar jam 16.30, seorang analis teknikal akan melakukan analisis berdasarkan alat prediksi serta ilmu yang dimilikinya.  Dengan berdasarkan analisis tersebut, seorang trader kemudian memasukkan order.  Order tersebut bisa dimasukkan pada sore atau malam hari, atau paling lambat di pagi hari, setelah terlihat posisi penutupan dari harga saham di Bursa New York.  Dengan melakukan order pada waktu ini, pemodal bisa melakukan posisi beli dan/atau posisi jual dengan harga yang rasional, tidak terpengaruh dengan pergerakan market.

III.  Pukul 4.00 – 8.00

Dalam sistem online trading di Bursa… sebelum jam 8.45 .. sebenarnya hanya dikumpulkan pada server online trading perusahaan sekuritas.  Pada jam 8.45 … seluruh order tadi ‘tembakkan’ atau dikirim secara bersama-sama ke server BEI atau sering juga disebut sebagai Server Jakarta Automated Trading System (JATS).  Dari pengalaman saya … kalau kita mau memasukkan order yang nantinya akan menjadi order dengan antrian paling depan…. itu sebaiknya dilakukan sebelum jam 8.00 pagi.  Jadi… kalau anda ingin order anda berada dalam antrian depan (setidaknya… kalau terjadi transaksi 1000 lot pertama pada sebuah harga antrian order anda sudah termasuk yang jadi transaksi).. itu berarti anda harus memasukkan order sebelum jam 8 pagi.  Paling lambat jam 8.15 deh.  Itu adalah saat tim IT dari perusahaan sekuritas sering kali ‘mempersiapkan’ first batch yang dimilikinya untuk ditembakkan ke komputer bursa.  Anda mungkin harus menanyakan waktu ini ke broker anda siy.  Tapi dari pengalaman saya atas order yang saya masukkan lewaat beberapa sekuritas.. memang sebaiknya order dilakukan sebelum jam 8.15 untuk bisa berada dalam antrian paling depan pada suatu harga.  Maksimal antrian ke 3 deh.

Eh… tapi jangan salah loh.  Itu semua tergantung kualitas dari Online Trading Platform dari perusahaan sekuritas.  Anda harus mencobanya setiap hari.  Kalau ternyata antrian anda didepannya selalu lebih dari 1000 lot .. atau didepan anda ada 5 atau lebih pengantri… itu berarti OLT perusahaan sekuritas anda memang lamban.  Itu waktunya anda pindah perusahaan sekuritas.  Hehehe.

Eh.. satu lagi juga.  Ini tidak berlaku pada saham-saham dengan bid offer ketat.  Seperti misalnya.. yang sudah autoreject bawah.  Itu biasanya butuh pengembangan kreatifitas dari Tim IT perusahaan sekuritas untuk membuat antrian anda berada pada harga paling depan.

Sementara itu dulu deh.  Memang masih ada order-order di waktu lain yang bisa dilakukan karena setiap order sebenarnya harus disesuaikan dengan strategi yang kita inginkan.  Misalnya… kalau anda pingin order untuk masa perdagangan berikutnya… anda bisa melakukan preopening atau preclosing order.  Atau bisa juga… kalau anda melihat harga mau bergerak naik atau bergerak turun… anda bisa melakukan order kapan saja ketika market berlangsung.

Akan tetapi… kalau anda bertanya kepada saya: berapa waktu minimal yang harus diluangkan untuk melakukan posisi trading.  Saya akan menjawab:

Kalau anda mau Trading For A Living … Anda harus bisa meluangkan waktu setidaknya dua setengah jam sehari.

  • Anda harus meluangkan waktu pada jam 15.00 – 16.15 untuk melakukan positioning untuk pergerakan harga sehari setelahnya.
  • Anda harus meluangkan setidaknya 1 jam di malam hari sebelum tidur .. untuk melihat chart melakukan prediksi.. dan memasukkan order untuk transaksi esok hari.

Sementara itu dulu… sisanya akan saya bahas pada kesempatan yang lain.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan cara-cara yang kami bahas pada ulasan ini.  Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.